DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Formula 1: Max Verstappen Raih Pole di GP China Minggu Siang

image
Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen melambaikan tangan usai memenangi Grand Prix Jepang di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu 7 April 2024. (ANTARA/AFP/Toshifumi Kitamura/am.)

ORBITINDONESIA.COM - Pembalap Red Bull Max Verstappen kembali menunjukkan dominasinya setelah merebut posisi pole untuk balapan utama Grand Prix (GP) China pada sesi kualifikasi yang digelar di Sirkuit Internasional Shanghai, Sabtu 20 April 2024.

Juara bertahan itu mencatatkan waktu putaran terbaik 1 menit 33,660 detik.

Posisi terdepan ini diraih Verstappen setelah sebelumnya memenangkan balapan sprint pertama Formula 1 musim ini dengan margin waktu lebih cepat 13 detik dari juara GP China 2019 Lewis Hamilton (Mercedes).

Baca Juga: Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin Tertarik Selenggarakan Formula 1 di Sirkuit Jalan Raya Bangkok

Tak hanya itu, hasil ini sekaligus menandai pole Verstappen untuk kelima kalinya secara berturut-turut pada Formula 1 musim 2024, setelah sebelumnya menjadi polesitter di Grand Prix Bahrain, Grand Prix Arab Saudi, Grand Prix Australia, dan Grand Prix Jepang.

Selain itu, ini juga adalah posisi pole ke-37 sepanjang karier balap sang juara dunia tiga kali di Formula 1, serta pole ke-100 bagi tim balap Red Bull di sepanjang partisipasinya pada ajang balap kelas utama ini.

Adapun Verstappen menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi GP China kali ini di depan rekan satu timnya Sergio Perez dengan selisih waktu 0,322 detik saja. Sementara pada posisi ketiga ada pembalap veteran Fernando Alonso (Aston Martin) yang terpaut 0,488 detik dari sang pemimpin balapan.

Baca Juga: Fomula 1: Max Verstappen Menangi GP China

Posisi keempat diisi oleh polesitter Sprint GP China 2024 yakni Lando Norris, diikuti oleh sesama pembalap McLaren Oscar Piastri di posisi lima.

Melengkapi daftar 10 besar adalah duo Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz yang sempat mengalami masalah teknis pada Q2.

Mengikuti di belakang mereka adalah George Russell (Mercedes), Nico Hulkenberg (Haas), dan Valtteri Bottas (Kick Sauber).

Baca Juga: Formula 1: Max Verstappen Raih Pole di GP China Minggu Siang

Juara GP China edisi lalu Hamilton yang sebelumnya mengisi podium Sprint, pada edisi kali ini harus tereliminasi di Q1 bersama dengan pahlawan lokal Zhou Guanyu (Kick Sauber) yang tampil cukup baik di sesi balapan pendek.

Hamilton memulai balapan utama esok hari dari posisi ke-18, sedangkan pembalap China di posisi yang lebih baik di posisi ke-16.

Balapan utama GP China bakal digelar pada Minggu 21 April 2024 pukul 14.00 WIB. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait