DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Survei LSI: Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Terkuat di Jawa Timur

image
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di salah satu kesempatan beberapa waktu lalu. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM – Elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terkuat di Jawa Timur dengan meraih dukungan 46,7 persen, menurut survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis Jumat 5 Januari 2024 di Jakarta.

Menurut Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, dalam simulasi surat suara Prabowo-Gibran meraih dukungan 46,7 persen, Ganjar Pranowo-Mahfud MD 26,6 persen, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 16,2 persen.

Sebanyak 10,4 persen responden mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

Baca Juga: Sufmi Dasco Ahmad: Gerindra Tegaskan Prabowo Subianto Belum Pernah Keluarkan Susunan Kabinet Resmi

Dalam simulasi tertutup, kata Djayadi Hanan, elektabilitas Prabowo-Gibran juga mengungguli Ganjar-Mahfud, dan Anies-Muhaimin.

Elektabilitas Prabowo-Gibran 46,3 persen, Ganjar-Mahfud 25,9 persen, dan Anies-Muhaimin 16 persen. Sisanya, 11,8 persen responden tidak tahu atau tidak menjawab.

Menurut LSI, nama Prabowo di puncak pikiran (top of mind) responden di Jawa Timur dengan angka mencapai 39 persen. Ganjar di posisi kedua 22,2 persen dan Anies di posisi ketiga 14 persen.

Baca Juga: KPU Kota Kediri: Syarat Minimal Dukungan Calon Perseorangan Adalah 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap

"Cukup banyak yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab, yaitu 19,9 persen.”

“Jadi, kalau kita lihat dari top of mind ini, dukungan solid kepada Prabowo di Jawa Timur di angka 39 persen," ungkap Djayadi.

Kendati demikian, kataya, kemungkinan responden untuk mengubah pilihannya juga masih besar.

Baca Juga: Khofifah Indar Parawansa Ajak Masyarakat Jawa Timur Semakin Budayakan Literasi dengan Aktif Baca Buku

Oleh karena itu, ia menyebut Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 berpotensi berlangsung dua putaran di provinsi tersebut.

"Dan kalau terjadi dua putaran, diperkirakan yang masuk ke putaran kedua untuk sementara ini adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud di Jawa Timur," tuturnya.

Survei LSI ini dijalankan pada 16 sampai 28 Desember 2023.

Baca Juga: Ahmad Muzani Gerindra: Prabowo Subianto Segera Bertemu Megawati

Populasi surveinya adalah seluruh WNI di Jawa Timur yang punya hak pilih dan total sampel secara keseluruhan adalah 8.800 responden.

Responden terpilih diwawancarai tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Toleransi kesalahan atau margin of error di kisaran 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi stratified random sampling. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait