DECEMBER 9, 2022
Nasional

Sudirman Said: Bansos Dipakai Untuk Alat Politik Sama dengan Korupsi

image
Sudirman Said pada deklarasi THN AMIN Jateng di Semarang, Jawa Tengah, Jumat 5 Januari 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Sudirman Said mengingatkan kepada pemerintah bahwa bantuan sosial (bansos) dipakai untuk alat politik suatu kelompok sama saja dengan tindakan korupsi.

Menurut Sudirman Said, definisi yang paling mudah tentang korupsi adalah ketika kewenangan pada jabatan publik dipakai untuk kepentingan pribadi.

"Jadi, kalau menggunakan bansos sebagai alat politik kelompok tertentu, by definition bisa masuk dalam kategori korupsi. Hati-hati!" kata Sudirman dalam deklarasi THN AMIN Jateng di Semarang, Jawa Tengah, Jumat 5 Januari 2024.

Baca Juga: PM Spanyol Pedro Sanchez Nyatakan Cuti Sementara, Usai Istrinya Begona Gomez Diduga Terlibat Korupsi

Ia mengatakan, kekuasaan itu tidak selamanya kuat karena suatu hari nanti kekuasaan bakal usai.

"Kembalikan iktikad baik, kembalikan keinginan luhur. Tidak boleh kekuasaan untuk keperluan pribadi maupun keluarga," katanya.

Ketua Tim Hukum Nasional Anies-Muhaimin (THN AMIN) Ari Yusuf Amir mengatakan, pemimpin yang terpilih tidak akan memiliki legitimasi jika kemenangannya dengan kecurangan.

Baca Juga: Mahkamah Konstitusi: Tak Ada Relevansi Bansos dan Peningkatan Perolehan Suara Salah Satu Pasangan Calon

Hal tersebut, katanya, bisa membahayakan nasib bangsa karena berpotensi menimbulkan gejolak sosial.

"Dari sekarang, kami dari tim hukum nasional mengingatkan semua, aparat penegak hukum, penyelenggara pemilu, dan aparat pemerintah, Anda berlakulah jujur," kata Ari dalam kesempatan yang sama. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait