DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Terduga Pengancaman Penembak Anies Baswedan Lewat Instagram Serahkan diri ke Polda Kalimantan Timur

image
Kepala Bidang Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Yusuf Sutejo (kiri) dan Kepala Subdit Siber Polda Kaltim Kompol Kadek Adi Budi memberi keterangan pers tentang pengancaman Anies Baswedan, Senin 15 Januari 2024. (ANTARA/HO-Polda Kaltim)

ORBITINDONESIA.COM – Pegiat media sosial yang diduga mengancam menembak Anies Baswedan melalui akun instagram @rifanariansyah menyerahkan diri ke Polda Kalimantan Timur, Sabtu 13 Januari 2024.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol. Yusuf Sutejo di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin 15 Janurai 2024, kepolisian menemukan terduga pengancaman NN (22 tahun) setelah membuat profiling terhadap akun @rifanariansyah.

Yusuf menjelaskan, setelah diidentifikasi profil tersebut, polisi langsung menghubungi keluarga terduga dari pemilik akun media sosial tersebut.

Baca Juga: Fadli Zon: Anies Baswedan Salah Baca Data dan Ngawur tentang Anggaran Pertahanan di Debat Capres

"Kami menjelaskan situasi yang terjadi dan dengan sukarela terduga ini bersedia menyerahkan diri.”

"Meskipun akun media sosial itu telah dihapus, polisi masih bisa mengidentifikasi pemilik.”

Kemudian, polisi melaksanakan gelar perkara, Senin, dengan melibatkan tim yang sudah dibentuk, termasuk saksi ahli di antaranya ahli bahasa, ahli pidana, dan ahli teknologi informasi.

Baca Juga: Alumni Universitas Gajah Mada Ini Deklarasi Dukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: Satu Visi Memajukan Indonesia

"Hal ini untuk dapat memastikan langkah-langkah selanjutnya," katanya.

Yusuf meminta masyarakat bersabar dan mempercayakan kasus tersebut kepada pihak kepolisian.

"Kami dari kepolisian juga memastikan akan bersikap netral dan menjamin Pemilu akan berlangsung damai, aman, lancar, dan tertib," ujar Yusuf. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait