DECEMBER 9, 2022
Nasional

Mundur dari PDIP dan Dukung Prabowo, Maruarar Sirait Belum Terpikir Gabung ke Parpol Lain

image
Politikus Maruarar Sirait saat memberi keterangan usai mendampingi kunjungan capres Prabowo Subianto ke Kantor PGI di Grha Oikoumene, Jakarta, Jumat (19/1/2024). (ANTARA/Fath Putra Mulya)

ORBITINDONESIA.COM - Mantan Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Maruarar Sirait mengak, ia belum terpikir untuk bergabung dengan partai politik (parpol) lain, setelah hengkang dari PDIP.

“Sementara saya belum berpikir begitu, ya, kita nanti pada waktunya menyampaikan,” kata Maruarar Sirat.

Maruarar Sirait ditemui usai mendampingi kunjungan calon presiden Prabowo Subianto ke Kantor Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) di Grha Oikoumene, Jakarta, Jumat, 19 Januari 2024.

Baca Juga: Pengamat Igor Dirgantara: Para Elite Politik Perlu Segera Rekonsiliasi Nasional Usai Pemilu 2024

Namun begitu, Maruarar mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ia mengaku mendukung Prabowo-Gibran dengan rendah hati.

“Hari ini dengan rendah hati, saya sudah berdoa, bicara dengan keluarga terdekat termasuk ibu, istri, dan anak saya. Saya terbuka menyampaikan kepada publik, saya bersama Prabowo-Gibran,” ujar dia.

Baca Juga: Menkominfo Budi Arie Setiadi Bantah Isu Kerenggangan Jokowi dan Prabowo, Hubungan Keduanya Solid

Maruarar mendukung pasangan calon Prabowo-Gibran karena dia merasa yakin mereka bisa melanjutkan kinerja Presiden Joko Widodo.

"Saya sudah berdoa, saya sudah berkonsultasi dengan keluarga, dan saya mendapat hikmat dari Tuhan. Saya dukung Bapak Prabowo dan Mas Gibran, karena saya yakin yang bisa melanjutkan hal baik oleh Pak Jokowi adalah Prabowo-Gibran," katanya.

Kendati begitu, Maruarar tidak menjawab dengan tegas ketika ditanya apakah ia akan bergabung dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Maruarar mengaku hanya mengikuti Prabowo saja.

Baca Juga: Megawati Open House Terbatas, Gibran Rakabuming Raka Kunjungi Prabowo Subianto

"Saya ikut Pak Prabowo saja. Saya mengikuti Pak Prabowo. Yang pasti, ini kegiatan pertama saya secara resmi," ujarnya. 

"Nanti hari Minggu tanggal 21 (Januari) di Majalengka, saya menghadiri undangan Sahabat Bang Ara untuk mendukung Pak Prabowo di Majalengka, kemudian Subang, Sumedang, ke Bandung. Kemudian di beberapa kota di Jakarta," tuturnya.

Maruarar Sirait, Senin, 15 Januari 2024, memutuskan keluar dari PDIP setelah puluhan tahun menjadi kader partai.

Baca Juga: Sibuk Urus Syarat Menjadi Kader Partai Gerindra, Maruarar Sirait: Saya Anak Buahnya Pak Prabowo

Dia pun berterima kasih kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Hasto Kristiyanto, dan elite partai lainnya selama dia bergabung di partai tersebut.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Mega (Ketua Umum Megawati Soekarnoputri), Pak Hasto, dan jajaran partai karena selama ini sudah mengizinkan saya berbakti melalui PDI Perjuangan," ujar Maruarar di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta.

Kemudian, Selasa, 16 Januari 2024, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partainya telah menerima pengunduran diri Maruarar Sirait.

"DPP partai telah menerima laporan dari Pak Utut Adianto (wakil sekjen PDI Perjuangan), bahwa Pak Ara Sirait telah mengajukan pengunduran diri dengan menyerahkan KTA (kartu tanda anggota) partai," kata Hasto.***

Sumber: Antara

Berita Terkait