DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Pengamat Komunikasi Anang Sujoko: Debat Keempat Pilpres akan Tampilkan Kelebihan Cawapres

image
Foto arsip. Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri), cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD (kanan) bergandengan tangan usai mengikuti debat cawarpres di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.

ORBITINDONESIA.COM - Debat keempat Pilpres 2024 yang digelar KPU RI pada Minggu, 21 Januari 2024, akan menampilkan kelebihan dari masing-masing calon wakil presiden yang berkontestasi. Hal itu dinyatakan pengamat komunikasi politik Universitas Brawijaya Malang, Anang Sujoko. 

Anang Sujoko mengatakan, kelebihan masing-masing cawapres tersebut akan muncul dalam perdebatan, setelah adanya evaluasi dari pelaksanaan debat kedua atau pertemuan pertama dalam debat cawapres.

"Dengan tema yang ada, mereka pasti akan mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan kelebihan masing-masing cawapres, termasuk visi misi," kata Anang Sujoko di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu, 20 Januari 2024.

Baca Juga: Inilah Sikap Civitas Academica Universitas Brawijaya Malang Berkait Situasi Politik Terkini

Menurut Anang, berdasarkan hasil debat pertama yang menampilkan cawapres, ada sejumlah catatan dari masing-masing calon untuk melakukan evaluasi.

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dinilai banyak membuang waktu yang kemudian tidak menjawab pertanyaan secara substansi.

Kemudian untuk cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dipastikan juga akan melakukan evaluasi mengingat ada sejumlah gimik yang dilakukan.

Baca Juga: Makan Gratis dan Internet Gratis adalah Kata-kata yang Paling Disebut Prabowo Subianto Dalam Debat

Anang menilai gimik yang dilakukan pada saat debat pertama tersebut memberikan dampak.

"Memang gimik politik yang ditampilkan cawapres nomor urut 2 pada saat debat itu berkesan positif, tetapi setelah debat justru menimbulkan kontraproduktif menjadi negatif," katanya.

Sedangkan untuk cawapres nomor urut 3 Mahfud Md, ia menilai terlihat mengalami tekanan karena jabatan yang diemban sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Baca Juga: Tingkat Aktivitas Siaga: Gunung Semeru Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 600 Meter Mengarah ke Utara

"Dari hal-hal tersebut maka mereka pasti akan melakukan evaluasi agar tidak terjadi lagi (dalam debat kedua)," katanya.

Secara garis besar, lanjutnya, dalam debat keempat Pilpres 2024 tersebut memang hanya akan memberikan dampak kecil terhadap masyarakat yang benar-benar memperhatikan nilai atau isi dari debat yang dilaksanakan itu.

"Artinya orang yang mengkritisi debat, kemudian mengambil nilai esensi debat, itu hanya sebagian kecil dari penonton atau netizen," tambahnya.

Baca Juga: Prabowo Subianto: Mas Gibran Tunjukkan Kapasitas di Debat Pilpres 2024, Saya Sangat Bangga

Namun, debat cawapres yang akan mengusung tema energi, sumber daya alam, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat tersebut bukan berarti tidak memiliki dampak jangka panjang.

"Jangka panjang bukan saat debat, tapi, dengan kepandaian netizen, akan menggunakan rekaman atau video tersebut untuk memberikan penekanan pada sisi tertentu. Dari sini, akan munculkan diskusi panjang, yang pada akhirnya akan mempengaruhi netizen, terutama swing voters atau belum memiliki pilihan kuat," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Baca Juga: Ucapan Mahfud Usai Debat Pilpres: Pak Ganjar dan Pak Jokowi Itu Presiden Rakyat

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.***

Sumber: Antara

Berita Terkait