DECEMBER 9, 2022
Buku

Diaspora Bangga Berbangsa, Buku Karya Fenty Effendy yang Soroti Peran Diaspora dalam Pembangunan RI

image
Ilustrasi - Sampul buku "Diaspora Bangga Berbangsa" karya Fenty Effendy.

ORBITINDONESIA.COM - Buku Diaspora Bangga Berbangsa karya Fenty Effendy menyoroti peran diaspora di seluruh dunia dalam pembangunan Indonesia. 

Diaspora ini, menurut Fenty Effendy, akan terus menjadi kekuatan yang dapat berkontribusi secara positif bagi kemajuan bangsa.

Dalam acara bedah buku Diaspora Bangga Berbangsa yang digelar di Jakarta, Sabtu, 20 Januari 2024, Fenty Effendy mengatakan, para diaspora Indonesia memiliki peran penting bagi bangsa, tidak hanya sebagai aset berjejaring, tetapi juga aset informasi.

Baca Juga: Ketika Sutradara Garin Nugroho Menulis Buku tentang Pemilu, Politik dan Pendidikan Warga Negara

"Diaspora itu bukan diplomat. Diaspora itu benar-benar berusaha sendiri dengan jejaring, keterampilan, dan pengetahuan sendiri. Apabila diplomat punya masa tugas 2-4 tahun, diaspora benar-benar berjuang agar bisa bertahan di wilayah yang dia pilih untuk melanjutkan hidupnya," ucap Fenty.

Buku yang ditulis berdasarkan hasil wawancara dengan diaspora Indonesia dari berbagai latar belakang, serta kumpulan kisah-kisah diaspora Indonesia dari berbagai sumber, ini juga menyoroti aspirasi-aspirasi diaspora.

Misalnya, mengenai alasan diaspora menginginkan daerah pemilihan luar negeri dan memiliki kewarganegaraan ganda.

Baca Juga: Buku Alam Semesta Sebelum Adam Alaihissalam, Karya Unik Ali Muhammad Ash-Shallabi

Buku tersebut juga membahas harapan diaspora agar Pemerintah Indonesia dapat memberikan perhatian serius kepada mereka.

Fenty mencontohkan India dan China adalah dua negara yang pemerintahnya sangat memperhatikan para diaspora mereka yang ada di luar negeri, dengan memberikan sejumlah fasilitas dan keistimewaan.

"Saya kira Pemerintah Indonesia sudah saatnya untuk menangkap peluang, membukakan ruang dan ekosistem bagi para diaspora," ujar dia.

Baca Juga: Hendrajit: Pesan Terakhir Franz Kafka pada Sahabatnya Max Brod Tentang Pemusnahan Buku Karyanya

Presiden IDN Global Iwan Wibisono mengatakan, diaspora berperan selayaknya para duta besar Indonesia di luar negeri, dan mereka dapat berkontribusi kepada Indonesia, baik di tanah air maupun di luar negeri.

Iwan menyebut salah satu diaspora Indonesia di Australia, Eddie Ridwan, menjadi salah seorang WNI yang tinggal di luar negeri tetapi tetap berkontribusi kepada Indonesia dengan membangun platform teknologi informasi, OpenDesa, yang bertujuan untuk membantu desa-desa di Indonesia menuju digitalisasi.

Platform ini menyediakan berbagai aplikasi dan layanan yang dapat membantu desa dalam meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan transparansi pemerintahannya.

Baca Juga: Mohammad Agung Ridlo: Perlu Masukkan Penanggulangan Bencana ke Dalam Penataan Ruang untuk Kurangi Risiko

Iwan menyebut saat ini sudah lebih dari 7.000 desa yang aktif menggunakan software tersebut.

Diaspora Bangga Berbangsa bercerita tentang satu dekade kiprah Indonesian Diaspora Network Global (IDN Global), sebuah organisasi yang fokus pada komunitas diaspora Indonesia di seluruh dunia.

Buku ini terbit pada Juli 2023 dan diluncurkan pada Kongres ke-7 Diaspora Indonesia pada Agustus 2023.

Baca Juga: Manuel Kaisiepo tentang Buku Kebinekaan dan Kesetaraan Karya Tokoh Pluralisme Trisno S. Sutanto

Buku setebal 264 halaman ini menyoroti cerita-cerita diaspora di berbagai negara.

Seperti kisah dan kontribusi individu-individu diaspora Indonesia yang sukses pada berbagai bidang, potensi diaspora terhadap kemajuan Indonesia, serta aspirasi-aspirasi para diaspora.***

Sumber: Antara

Berita Terkait