DECEMBER 9, 2022
Internasional

Konsulat Jenderal RI New York Siap Sukseskan dan Pelihara Netralitas di Pemilu 2024

image
Konsul Jenderal (Konjen) RI New York Winanto Adi saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Pemilu Damai yang digelar oleh KJRI New York, Jumat (19/1/2024). ANTARA/HO-KJRI New York.

ORBITINDONESIA.COM - Konsulat Jenderal Republik Indonesia atau KJRI New York, mewakili Pemerintah RI, menyatakan siap menyukseskan dan memelihara netralitas pada Pemilu 2024.

Konsul Jenderal (Konjen) RI New York, Winanto Adi, melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu 21 Januari 2024, menyampaikan, terdapat lebih dari 50 negara di dunia yang menyelenggarakan Pemilu 2024.

Salah satu negara itu adalah Indonesia. Maka, KJRI New York mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 sesuai dengan prinsip pemilu yaitu aman, damai, jujur, adil dan transparan.

Baca Juga: Indopop Movement 2022 Gemparkan New York dengan Tampilkan Sederet Penyanyi Pop dan Dangdut Asal Indonesia

Winanto menyampaikannya saat memberi sambutan dalam kegiatan Pemilu Damai yang digelar oleh KJRI New York bekerja sama dengan Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN) New York dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Luar Negeri New York di Ruang Pancasila KJRI New York, Amerika Serikat (AS), Jumat 19 Januari 2024.

Kegiatan itu turut mengundang tokoh masyarakat/sesepuh, pemuka agama, dan para tokoh komunitas diaspora Indonesia yang berada di wilayah kerja KJRI New York.

Mereka diminta turut mengawal dan mendampingi proses Pemilu 2024 di wilayah kerja KJRI New York.

Baca Juga: Penampilan Memukau dan Percaya Diri Enzy Storia di Catwalk New York Fashion Week 2022

Selain itu, Perwakilan Tetap RI (Watapri) New York, para pejabat perbankan turut hadir, termasuk para saksi, perwakilan dari partai pemilu serta awak media.

Lebih lanjut, Konjen Winanto juga mengajak masyarakat untuk mengawal dan berkontribusi terhadap proses Pemilu 2024 di wilayah kerja KJRI New York serta menyambut Pemilu 2024 sebagai pesta demokrasi yang menggembirakan.

Ia juga menggarisbawahi bahwa pemilu di negara manapun akan mengakibatkan suasana politik agak "panas", namun ia menekankan bahwa itu merupakan hal biasa.

Baca Juga: Badai Terjang New York, 27 Orang Bahkan Lebih Dilaporkan Meninggal

"Jangan sampai kita terjebak pada hingar bingar pemilu sesaat, namun melupakan agenda kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih besar di masa depan," ujarnya.

Sementara, Ketua PPLN New York Indriyo Sukmono menganggap bahwa pemilik suara adalah "bintang" dalam setiap pemilu.

Ia menjelaskan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di wilayah kerja KJRI New York sebanyak 11.141 pemilih yang terdiri atas 6.647 pemilih melalui pos. Sementara, sisanya akan memilih di TPS New York, kotak suara keliling (KSK) di Philadelphia dan Dover.

Baca Juga: Wajah Musikus Indonesia Woro Widowati Mejeng di New York Times Square Amerika Serikat

Dalam kegiatan Pemilu Damai itu, Indriyo juga memperlihatkan demo cara mencoblos surat suara Presiden/Wakil Presiden dan DPR RI yang sah.

Sedangkan, wakil dari Panwaslu New York Hilman Beyri menyampaikan tugasnya secara umum ialah menjalankan fungsi pengawasan penyelenggaraan pemilu di wilayah New York.

Beberapa di antaranya mengawasi pelaksanaan sosialisasi, mengawasi pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, mengawasi kampanye, termasuk mengawasi pemungutan dan penghitungan suara serta pengumuman hasil penghitungan suara.

Baca Juga: Menuju Pemilu 2024: Warga Indonesia di New York Akan Mencoblos Pada 10 Februari

Pemilu di wilayah kerja KJRI New York akan dilakukan lebih awal daripada di tanah air, yaitu pada 6 Februari 2024 di Philadelphia bertempat di Aquinas Center, negara bagian Pennsylvania; pada 8 Februari 2024 di Dover bertempat di Dover Elks, negara bagian New Hampshire; dan pada 10 Februari 2024 di New York City, negara bagian New York bertempat di Sound River Studio, Long Island City.

Sementara itu, penghitungan suara akan diselenggarakan di KJRI New York pada 14 Februari 2024.

Adapun, kegiatan Pemilu Damai tersebut dihadiri sekitar 50 orang dan juga dilakukan secara daring untuk mereka yang tinggal di luar New York seperti di Philadelphia, Connecticut, dan New Hampshire.***

Sumber: Antara

Berita Terkait