DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Yesayas Oktavianus: Pemain Naturalisasi Tambah Kekuatan Signifikan ke Timnas Indonesia

image
Yesayas Oktavianus. (OrbitIndonesia/kiriman)

ORBITINDONESIA.COM – Pengamat sepak bola Yesayas Oktavianus menilai, keberadaan pemain naturalisasi di tim nasional (Timnas) menambah kekuatan Indonesia dibanding sebelumnya.

Namun, kata Yesayas ketika dimintai komentarnya oleh OrbitIndonesia Senin 22 Januari 2023 menyebutkan, kekuatan Timnas belum maksimal jika dilihat dari pertandingan di Piala Asia 2023 Qatar.

“Tetapi paling tidak paling tidak ada harapan untuk lebih baik ke depan, asalkan Shin Tae-yong tetap dipercaya sebagai pelatih,” ujarnya.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Thailand Hampir Pasti Masuk ke 16 Besar Setelah Tahan Imbang Oman 0-0

Tim nasional (Timnas) Indonesia memimpin klasemen sementara di antara sesama peringkat ketiga seluruh grup di Piala Asia 2023 Qatar.

Indonesia yang di peringkat ketiga Grup D setelah mengalahkan Vietnam, memiliki 3 poin dengan selisih gol -1.

Sekarang Indonesia di peringkat pertama dan kedua adalah Bahrain yang memiliki poin dan selisih gol yang sama dengan Indonesia.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Indonesia Pimpin Klasemen Sementara di Antara Sesama Peringkat Tiga Semua Grup

Hal ini membuat Indonesia berpeluang besar lolos ke babak 16 besar, meskipun belum sepenuhnya aman.

Timnas Indonesia akan melawani Jepang pada partai ketiga atau pertandingan terakhir fase grup.

Jika menang atau seri, tim asuhan Shin Tae-yong ini dipastikan membukukan satu tempat di babak 16 besar sistem gugur, baik sebagai runner up grup D maupun peringkat ketiga terbaik dari seluruh grup.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Siaran Langsung Indonesia Vs Jepang di RCTI Rabu Malam

Sesuai regulasi Piala Asia 2023, tim yang berhak lolos ke babak gugur bukan hanya juara dan runner up fase grup saja, tetapi empat tim peringkat tiga terbaik dari seluruh grup.

Jika Indonesia kalah dari Jepang, peluang lolos ke babak 16 besar pun masih terbuka, meskipun akan ditentukan oleh hasil-hasil pertandingan di grup lain. ***

Berita Terkait