DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Menteri ESDM Arifin Tasrif: Indonesia-Venezuela Sepakati Kerja Sama Minyak dan Gas Bumi,

image
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. ANTARA/HO-Humas Kementerian ESDM

ORBITINDONESIA.COM - Indonesia dan Venezuela menyepakati kerja sama dalam bidang minyak dan gas bumi (migas), yang juga sekaligus sebagai upaya meningkatkan hubungan negara Selatan-Selatan.

Kerja sama Indonesia dan Vezuela itu disampaikan Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Arifin Tasrif di Caracas, Venezuela, Kamis, 18 Januari 2024 waktu setempat.

"Indonesia ingin meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dengan Venezuela, yang juga dapat meningkatkan kerja sama Selatan-Selatan," kata Arifin Tasrif.

Baca Juga: Perhatikan! Begini Cara Supaya Kamu Bisa Konversi Sepeda Motor BBM ke Listrik Sesuai Aturan KESDM

Dalam rilis yang diterima di Jakarta, Sabtu, 27 Januari 2024, disebutkan, energi memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian. Oleh karena itu, kedua negara dapat berbagi peluang bisnis yang memungkinkan di sektor energi, terutama minyak dan gas.

Kerja sama migas tersebut dituangkan dalam  nota kesepahaman (MoU), yang ditandatangani Menteri ESDM Arifin Tasrif bersama Menteri Perminyakan Venezuela Pedo Rafael Tellechea.

MoU tersebut di antaranya mencakup kerja sama bisnis hulu migas, penerapan peningkatan perolehan minyak tahap lanjut (enhanced oil recovery), pengembangan dan penerapan teknologi serta praktik terbaik untuk mengurangi dampak lingkungan di bidang energi.

Baca Juga: Perubahan Permen ESDM No 26 Tahun 2021 untuk Mendorong Capaian Energi Baru Terbarukan di Indonesia

Juga, penyimpanan dan penangkapan karbon dan pengurangan gas suar bakar, serta bidang-bidang usaha yang disepakati BUMN dan swasta dari para pihak, tanpa merugikan atau menyesuaikan dengan kontrak dan perjanjian yang ada.

Dengan payung perjanjian tersebut, PT Pertamina (Persero), sebagai BUMN RI di sektor energi, melalui PT Pertamina International Exploration & Production (PIEP) diharapkan bisa menjajaki peluang dalam mengakuisisi blok-blok migas baru di Venezuela.

Hal itu juga untuk menguatkan eksistensi PIEP, yang telah berinvestasi di Venezuela melalui perusahaan Maurel et Prom (M&P).

Baca Juga: Pakar Sebut Revisi Permen ESDM Bakal Persulit Pertumbuhan EBT

Sementara itu, Pedo Rafael Tellechea, yang juga menjabat Presiden Petroleos de Venezuela (PDVSA), menggarisbawahi bahwa perjanjian strategis itu akan meningkatkan prospek negara Amerika Selatan ini di pasar Asia.

Dubes RI untuk Venezuela Imam Edy Mulyono menekankan, Venezuela merupakan mitra penting bagi Indonesia, sehingga tepat bagi Indonesia dan Venezuela memperkuat relasi di bidang energi.

Apalagi, Venezuela memiliki potensi sumber daya energi minyak dan gas yang cukup besar.

Baca Juga: Kementerian ESDM Buka Lowongan CASN 2023: Ini Syarat, Formasi dan Jadwal Lengkapnya

Delegasi Indonesia ke Venezuela yang dipimpin Menteri ESDM didampingi antara lain Duta Besar RI untuk Venezuela Imam Edy Mulyono, Direktur Utama PT Pertamina International Exploration & Production (PIEP) Jaffee Arizon Suardin, dan Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Wiko Migantoro.***

Sumber: Antara

Berita Terkait