DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Otorita Ibu Kota Nusantara: Pembangunan IKN Tahap I di Kalimantan Timur Sudah Capai 71,47 Persen

image
Maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP Ibu Kota Nusantara. ANTARA/Aji Cakti

ORBITINDONESIA.COM - OIKN (Otorita Ibu Kota Nusantara) mengungkapkan, pembangunan tahap I IKN di Kalimantan Timur secara keseluruhan telah mencapai 71,47 persen.

Pembangunan tahap I tersebut meliputi pembangunan Istana Presiden di IKN, kemudian Sumbu Kebangsaan yang pembangunannya sudah mendekati 100 persen.

"Berdasarkan data dari Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), ada yang disebut tahap (batch) I itu adalah kontrak-kontrak pembangunan IKN yang memang sudah dimulai dari sebelum 2023," ujar Kepala OIKN Bambang Susantono di Jakarta, Selasa, 30 Januari 2024.

Baca Juga: Pengamat Energi Prof Iwa Garniwa: Indonesia Sebaiknya Bangun Pabrik Baterai Berbahan Nikel Dalam Negeri

Pembangunan tahap I tersebut meliputi pembangunan Istana Presiden di IKN, kemudian Sumbu Kebangsaan yang pembangunannya sudah mendekati 100 persen.

"Untuk Sumbu Kebangsaan nanti ada satu Memorial ParkMemorial Park itu tempat di mana kita melakukan misalnya penghargaan kepada para pendiri Republik Indonesia, para pahlawan dan sebagainya," kata Bambang.

Biasanya, lanjut dia, kalau di Jakarta ketika ada kunjungan tamu negara membawa karangan bunga yang kemudian ditaruh di Taman Makam Pahlawan.

Baca Juga: Pembangunan Masjid Negara IKN Bernilai Kontrak Rp940 Miliar Ditargetkan Rampung Akhir 2024

Sedangkan nanti di IKN, para tamu negara ketika berkunjung dapat memberikan penghormatan kepada pendiri Republik Indonesia dan para pahlawan di Memorial Park.

"Jadi kita bikin Memorial Park. Memorial Park itu nanti ada patung Soekarno dan Mohammad Hatta, pendiri negara kita," kata Bambang.

Kemudian di IKN juga nantinya terdapat bukit bendera dalam rangka untuk membangkitkan nasionalisme dan api abadi yang mengawal semangat Indonesia ke depannya, terutama kalau Indonesia ingin mencapai Visi Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Kepala Otorita IKN Bambang Susantono: Wow! Akan Ada Mobil Terbang di Ibu Kota Nusantara Tahun 2045

"Mudah-mudahan itu dapat membangkitkan nasionalisme, karena di situ ada satu tiang bendera raksasa di bukit bendera, tiang bendera Merah Putih. Kemudian di kiri-kanannya itu nanti terdapat satu patung besar para pendiri bangsa kita yakni Soekarno-Hatta," katanya.

Bambang menambahkan hal tersebut sedang dimatangkan, terutama desainnya dengan arahan dari kurator desain yakni Ridwan Kamil.

Kementerian PUPR memulai pembangunan Memorial Park di IKN sebagai penghormatan bagi para pahlawan bangsa.

Baca Juga: Wujudkan Kota Cerdas IKN, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Jajaki Kerja Sama dengan Finlandia

Memorial Park IKN dibangun terintegrasi dengan Kawasan Plaza Sipil dan Beranda Nusantara seluas 12 hektare yang memanfaatkan titik tertinggi kedua di KIPP IKN setelah Istana Presiden.

Selain Memorial Park, pada kawasan Beranda Nusantara ini nantinya juga dibangun Bukit Bendera, Museum Peradaban, dan bangunan Beranda Nusantara, terkoneksi dengan forest trail yang mengusung konsep keberagaman wilayah Indonesia.

Memorial Park IKN dibangun dengan konsep monumental yang menggambarkan “pecahnya telur” perjuangan panjang yang menghasilkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia melalui pahlawan proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta.

Baca Juga: Menpan RB Abdullah Azwar Anas: Setiap ASN yang Bekerja di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen

Sosok proklamator diwujudkan dalam patung dengan cangkang telur dan burung garuda setinggi 18 meter yang mengisahkan tentang semangat dan pemikiran beliau dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.***

Sumber: Antara

Berita Terkait