DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Addin Jauharudin Terpilih Sebagai Ketua Umum PP GP Ansor dalam Kongres XVI yang Berjalan Damai

image
Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor terpilih periode 2024-2029 Addin Jauharuddin (tengah) mendapat ucapan selamat dari para kader dalam Kongres XVI GP Ansor di atas Kapal Pelni KM Kelud yang berlayar di Laut Jawa, Jumat (2/2/2024). Kongres yang diselenggarakan saat pelayaran dari Tanjung Priok, Jakarta menuju Tanjung Mas, Semarang tersebut menetapkan Adin sebagai ketua umum periode 2024-2029 menggantikan ketua umum sebelumnya yakni Yaqut Cholil Qoumas. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Spt. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

ORBITINDONESIA.COM - Addin Jauharudin terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (Ketum PP GP Ansor) masa khidmat 2024- 2029, dalam kongres yang diadakan di atas KM Kelud, Perairan Laut Jawa, Jumat, 2 Februari 2024.

Kongres XVI GP Ansor itu berjalan damai dan berhasil menetapkan Addin Jauharudin sebagai Ketua Umum.

Addin Jauharudin ditetapkan sebagai ketum baru secara aklamasi, diiringi dengan ketukan palu tanda ditetapkannya sebagai Ketua Umum Periode 2024-2029.

Baca Juga: Jadi Tersangka, Ini Peran Shane dalam Kasus Penganiayaan Anak Pengurus GP Ansor

Kongres XVI GP Ansor dihadiri utusan dari 34 pengurus wilayah, 429 pengurus cabang dengan total peserta 1.700 orang. Ada 3 dari 6 pengurus cabang  luar negeri yang ikut menghadiri Kongres, yaitu Arab Saudi, Taiwan, dan Mesir.

“Kepesertaan kongres berjumlah 429 sehingga sudah lebih dari 50 persen kuorum,” kata Pimpinan Sidang Kongres XVI GP Ansor, Faisal Saimima, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, 3 Februari 2024.

Sementara itu, Addin berharap bisa memegang tanggung jawab besar ini secara amanah dan bersama-sama.

Baca Juga: Ancaman Pidana Bagi Shane, Rekan Mario Dandy Satriyo Dalam kasus Penganiayaan Anak Petinggi GP Ansor

“Semoga keinginan sahabat-sahabat terkabul dan Gerakan Pemuda Ansor menjadi organisasi terkuat, terhebat di seluruh dunia,” ungkap Addin.

Addin menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada ketum sebelumnya Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut yang dianggapnya sebagai guru dan mentor.

Juga, kepada para teman seperjuangan di Pimpinan Pusat, serta para panitia dan peserta yang terlibat dalam agenda Kongres XVI GP Ansor.

Baca Juga: Buntut Menghajar Anak PP GP Ansor, Agnes Gracia Haryanto Dikeluarkan dari Sekolah, Mario Didepak dari Kampus

"GP Ansor Peta Jalan NU Masa Depan," adalah tema yang menggambarkan GP Ansor sebagai elemen kinetik NU dan komitmen GP Ansor mempersiapkan setiap kadernya sebagai penerus kepemimpinan NU di masa depan.

Kongres XVI GP Ansor diselenggarakan di darat-laut. Dibuka di Tanjung Priok, Jakarta dan meneruskan perjalanan ke Tanjung Emas, Semarang.

Presiden Jokowi yang membuka kongres tersebut menilai, ide kongres di atas kapal ini sebagai ide kreatif dan inovatif.

Baca Juga: LBH GP Ansor Desak Polisi Jerat Mario Dandy Satriyo dengan Pasal Percobaan Pembunuhan, Begini Tanggapan Polisi

“Saya sering mendatangi kongres, munas organisasi kepemudaan. Namun baru kali ini kongres diadakan di atas kapal laut, ini berarti GP Ansor kreatif dan inovatif,” ujarnya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait