DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Civitas Academica Universitas Negeri Malang Minta Presiden Jokowi Jaga Cita-cita Reformasi

image
Civitas akademika Universitas Negeri Malang menggelar seruan di depan Gedung Rektorat UM, Kota Malang, Jawa Timur, Senin 5 Februari 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Civitas academica Universitas Negeri Malang menggelar seruan dengan meminta Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi untuk menjaga cita-cita proklamasi dan reformasi di Indonesia.

Guru besar Hari Wahyono di Kota Malang, Jawa Timur, Senin 5 Februari 2024 mengatakan, segenap civitas academica prihatin yang mendalam atas perilaku kurang terpuji dan mengancam sendi-sendi kehidupan dan berbangsa dan bernegara.

"Kami segenap civitas academica menyerukan kepada presiden agar menjadi panutan perilaku berakhlak mulia dan menjauhkan diri dari perilaku tidak terpuji dalam mengelola pemerintahan. Termasuk dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024," kata Hari.

Baca Juga: Civitas Academica Universitas Airlangga Surabaya Menyikapi Situasi Politik, Inilah Isinya

Hari menjelaskan, Presiden diminta untuk bersikap lugas dan bertindak konsisten untuk menegakkan sendi kehidupan bernegara yang demokratis, beradab, bermartabat, dan berkeadilan substansial, melampaui sekadar proses demokrasi formal dan prosedural.

"Menunjukkan sikap kenegarawanan dengan berdiri di atas semua golongan dan menjauhkan diri dari sikap partisan dalam Pemilu 2024.”

Civitas academica menyatakan prihatin atas praktik culas orang-orang yang mabuk kekuasaan, khususnya yang mengoyak nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait