DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Warga Tionghoa di Kabupaten Belitung Sembahyang Leluhur Jelang Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili

image
Pelaksanaan prosesi sembahyang leluhur yang dilaksanakan oleh warga keturunan Tionghoa di Belitung menjelang perayaan Imlek 2575 Kongzili (ANTARA/Kasmono-Apriliansyah)

ORBITINDONESIA.COM - Warga keturunan Tionghoa di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melaksanakan prosesi sembahyang leluhur menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili.

Sembahyang warga Tionghoa di Belitung ini guna mengenang dan mendoakan para leluhur yang telah meninggal dunia.

"Sembahyang leluhur ini kami laksanakan sehari menjelang Tahun Baru Imlek," kata Joni warga keturunan Tionghoa di Tanjung Pandan, Jumat, 9 Februari 2024.

Baca Juga: Objek Wisata Ancol Gelar Pertunjukan Bernuansa Imlek Mulai 8 Sampai 11 Februari 2024

Ia mengatakan sembahyang leluhur bertujuan untuk mengenang dan mendoakan para leluhur keluarga yang telah pergi mendahului atau meninggal dunia.

Dalam pelaksanaan ritual sembahyang leluhur tersebut, lanjutnya, mereka menyiapkan sejumlah hidangan dan sajian seperti daging ayam, babi, kue, teh, arak, di rumahnya sambil membakar dupa.

"Ada yang bersembahyang di kelenteng, namun ada juga di rumah masing-masing. Namun sembahyang leluhur ini harus dilakukan karena sudah menjadi tradisi kuat setiap menyambut Imlek," ujarnya.

Baca Juga: Pakar Fengshui Lely Vy: Tahun Baru Imlek 2024, Kesempatan dan Kemakmuran Banjiri Tahun Naga Kayu

Sedangkan pada malam hari sebelum pergantian Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili akan dilaksanakan kegiatan makan malam bersama keluarga guna memupuk rasa persaudaraan dan ikatan batin di tahun yang baru.

"Pada intinya kami berkumpul makan malam bersama merayakan Tahun Baru Imlek dan biasanya sampai detik-detik pergantian tahun pintu dan jendela rumah dibuka dengan harapan hal-hal yang baik bisa masuk (menyertai) di tahun yang baru," katanya.

Selain itu, lanjut dia, seminggu sebelumnya pihak keluarga telah membersihkan rumah guna menyambut perayaan Imlek.

Baca Juga: Eddy Prastiyo: Ancol Targetkan 300 Ribu Wisatawan pada Libur Imlek dan Isra Mikraj, 8-11 Februari

"Bersih-bersih rumah ini juga sudah semacam tradisi yang memiliki arti positif dalam menyambut tahun yang baru," ujarnya.

Sedangkan pada hari pertama perayaan Imlek 2575 Kongzili juga akan diisi dengan kegiatan persembahyangan baik di rumah maupun di altar kelenteng.

"Selanjutnya akan diisi dengan kegiatan memberi hormat kepada orang yang lebih tua dan saling mengunjungi sesama kerabat seumpama lebaran," katanya.

Baca Juga: Objek Wisata Ancol Target 300 Ribu Pengunjung Selama Libur Imlek dan Isra Mikraj

Warga keturunan Tionghoa lainnya, Henie, mengatakan hal yang sama momentum perayaan Imlek lebih ditekankan kepada ucapan rasa syukur atas keberhasilan dalam melewati tahun yang lama.

"Kemudian kami juga saling memanjatkan doa untuk menyongsong tahun yang baru dengan harapan diliputi dengan kebahagiaan, keberuntungan, dan kemakmuran," ujarnya. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait