DECEMBER 9, 2022
Hiburan

Jet Li dan Guru Kungfunya yang Muslim, Master Ma Xianda

image
Jet Li dan Master Ma Xianda (Foto: Wuxia Indonesia)

ORBITINDONESIA.COM - Penggemar film kungfu dan laga pasti sudah kenal Jet Li. Jet Li sudah tampil di banyak film kungfu yang populer di Indonesia. 

Tapi tahukah Anda, siapa guru yang mengajarkan kungfu pada Jet Li dan apa aliran kungfu Jet Li? Jawabnya: Master Ma Xianda.

Master Ma Xianda adalah salah seorang yang ikut berperan dalam karir Jet Li di industri film. Master Ma dikenal sebagai seorang guru kungfu.

Baca Juga: Sinopsis, Daftar Pemain, dan Jadwal Tayang Film The Master di Indosiar, Aksi Jet Li Membela Gurunya

Dia mengajari Jet Li muda menguasai kungfu aliran Fanzi Quan. Teknik itu bahkan kerap digunakan Jet Li dalam aksi laganya di film-film yang dilakoninya.

Fanzi Quan dikenal sebagai aliran kungfu khas Hui, suku asal Master Ma. Etnis Hui juga dikenal kebanyakan beragama Islam.

Master Ma dan leluhurnya –ayah dan kakeknya—dikenal sebagai keluarga muslim yang ahli kungfu.

Baca Juga: Penyanyi Sara Fajira Belajar Menyinden untuk Dalami Peran di Film Horor Sinden Gaib

Mereka mengajarkan kungfu dari generasi ke generasi. Anak-anak Master Ma masih meneruskan mengajar, menjaga kungfu leluhurnya hingga kini.

Hubungan Jet Li dan Master Ma tak hanya sebagai murid-guru, Master Ma juga mengiringi karir Jet Li di dunia film. Master Ma menjadi koreagrafer pada film Shaolin Temple (1982) yang menjadi debut perdana Jet Li di dunia layar lebar. ***

Sumber: Wuxia Indonesia

Berita Terkait