DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Film Dokumenter No Land Other yang Mengisahkan Derita Palestina Raih Penghargaan di Festival Film Berlin

image
Warga Palestina memeriksa bangunan yang hancur setelah diserang Israel di kota Rafah di Jalur Gaza selatan, Jumat 5 Januari 2024. (ANTARA/Xinhua/Khaled Omar/am)

ORBITINDONESIA.CoM - Sebuah film berjudul No Other Land yang menceritakan sepak terjang Israel di wilayah pendudukan di Palestina meraih penghargaan dokumenter terbaik di Festival Film Berlin.

Salah satu sutradaranya, Basel Adra, berterima kasih kepada juri atas penghargaan tersebut.

Dia kemudian meminta otoritas Jerman agar mengubah kebijakannya kepada Israel dan Gaza.

Baca Juga: Fadli Zon: Parlemen Indonesia Kembali Serukan Dukungan kepada Kemerdekaan Palestina

“Saya di sini untuk merayakan penghargaan tersebut, tetapi saya juga sangat berat untuk merayakannya ketika ada puluhan ribu rakyat saya dibantai, dibantai oleh Israel di Gaza,” katanya pada Sabtu 24 Februari 2024 malam.

“Berhubung saya sedang berada di Berlin, saya meminta satu hal kepada Jerman agar menghormati seruan PBB dan berhenti mengirim senjata ke Israel,” kata Adra yang langsung disambut tepuk tangan meriah di Berlinale Palast.

Film tersebut memperlihatkan tentang seorang pegiat muda Palestina, Basel Adra, mendokumentasikan tentara Israel menghancurkan desa-desa secara bertahap.

Baca Juga: Film Dokumenter Penderitaan Warga Palestina yang Dijajah Israel Raih Penghargaan di Festival Film Berlin

Kemudian, Adra bertemu jurnalis Israel Yuval Abraham yang membantu menggarap film tersebut.

Film dokumenter yang mengisahkan kehidupan dan perjuangan melawan Israel itu juga meraih Berlinale’s Panorama Audience Award. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait