DECEMBER 9, 2022
Humaniora

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Kemas Kegiatan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata

image
Umat Hindu di Yogyakarta dan Jawa Tengah mengikuti perayaan Galungan di pelataran Candi Prambanan, Rabu 28 Februari 2024. (ANTARA/HO-PT TWC)

ORBITINDONESIA.COM - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) mengemas berbagai kegiatan spiritual dan keagamaan di kawasan taman wisata sebagai daya tarik wisatawan.

"TWC berkomitmen untuk terus mengembangkan perayaan spiritual maupun keagamaan yang dilaksanakan di Taman Wisata Candi Prambanan sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan," kata General Manager (GM) Prambanan & Ratu Boko PT TWC I Gusti Putu Ngurah Sedana di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis 29 Februari 2024.

Menurutnya, kawasan TWC Prambanan selama ini selalu digunakan sebagai tempat upacara Tawur Agung menjelang Hari Raya Nyepi umat Hindu, dan sejak beberapa tahun lalu kawasan ini juga digunakan untuk prosesi hari raya Galungan.

Baca Juga: PT Taman Wisata Candi Dukung Borobudur Jadi Destinsi Spiritual

"Tawur Agung dan Galungan adalah prosesi nasional dan diikuti oleh umat Hindu dari berbagai daerah di Indonesia.”

Ia mengatakan, upaya pelestarian melalui aktivitas spiritual seperti perayaan Galungan ini mendorong pengembangan pariwisata berkualitas.

"Seperti pada prosesi Galungan yang berjalan khidmat dan sakral, menghadirkan pengalaman otentik serta pengalaman berkesan untuk umat yang hadir.”

Baca Juga: Pengelola Candi Borobudur Sambut Wisatawan Perdana Tahun 2024

“Candi Prambanan adalah warisan leluhur untuk mengembalikan fungsi candi Hindu sebagai warisan leluhur umat Hindu di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah," katanya.

Putu Ngurah mengatakan, umat Hindu melaksanakan persembahyangan hari suci Galungan di pelataran Candi Prambanan melalui prosesi yang difokuskan pada pembersihan candi melalui sarana sesaji serta tirta penglukatan.

"Setelah itu, pemangku menghaturkan sesaji di bilik candi, serta dilanjutkan persembahyangan bersama," katanya.

Baca Juga: Musisi Kunto Aji Meriahkan Festival Akhir Tahun Swara Prambanan di Yogyakarta

Perayaan Galungan yang ketiga kali di kawasan candi Hindu terbesar di Indonesia ini adalah salah satu bentuk dukungan kepada pelestarian cagar budaya dan selaras nota kesepakatan empat menteri dan dua gubernur tentang Pemanfaatan Candi Prambanan dan Candi Borobudur untuk kepentingan umat Hindu dan Buddha di seluruh dunia. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait