DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Pemkab Kutai Kartanegara: Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024 Berdayakan Ekonomi Masyarakat Lewat UMKM

image
Ribuan penonton memadati lapangan Pasar Samboja Kuala, Kutai Kartanegara, untuk menikmati hiburan Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024 (Antara/ HO Prokom Kukar)

ORBITINDONESIA.COM - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, menyebutkan kegiatan Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024 di Samboja pada Sabtu-Minggu, 2 - 3 Maret 2024, memberdayakan ekonomi masyarakat melalui pelibatan pelaku UMKM.

"Tujuan gelaran pesta laut ini di antaranya adalah melestarikan seni dan budaya daerah, kemudian untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama warga setempat yang menggeluti UMKM," ujar Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin di Tenggarong, Minggu.

Pesta Laut Pesisir Nusantara ini merupakan agenda tahunan yang awalnya diselenggarakan oleh para nelayan di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara.

Baca Juga: Kutai Barat Kalimantan Timur Catat Rekor MURI Kenakan Topi Khas Dayak SERAUNG

Namun kini acara tersebut masuk dalam kalender tahunan Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar, bahkan telah masuk dalam Program Kukar Idaman berupa Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F).

Pesta laut yang dipusatkan di halaman Pasar Samboja Kuala kali ini menyuguhkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan adat istiadat setempat, dipadu dengan pentas musik dengan agenda utama berupa Ritual Adat Budaya Pesta Laut, Melarung, Berlimbur (tradisi saling siram) dan Hias Perahu Nelayan.

Semua kegiatan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat umum, bahkan masyarakat yang hadir juga dapat menyaksikan berbagai hiburan musik, artis nasional, termasuk tari tradisional yang disuguhkan panitia.

Baca Juga: FESTIVAL DURIAN, Cara Kutai Barat Kalimantan Tengah Promosikan Destinasi Pariwisata Lokal

Galang, salah seorang pengunjung di festival ini mengaku sangat menikmati berbagai seni dan budaya yang disajikan. Bahkan ia juga menikmati berbagai sajian kuliner yang disajikan para UMKM mulai gado-gado, makanan ringan dan aneka minuman yang telah ia beli.

Sementara Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar Antony Kusbiantoro mengatakan, Pesta Laut Nusantara yang dikemas dalam bentuk festival ini merupakan komitmen Pemkab Kukar melalui Program Kukar Kaya Festival.

"Festival ini merupakan program dedikasi Pemkab Kukar untuk masyarakat yang sejahtera dan berbahagia, karena selain untuk melestarikan adat dan budaya, gelar ini juga menjadi tempat hiburan dan sebagai sarana untuk menjual berbagai produk lokal Samboja, terutama dari kalangan UMKM," ujar Antony. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait