DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Advelina, Mahasiswi Farmasi di Tangerang, Juara Kompetisi Konseling Pasien dalam Bahasa Inggris

image
Advelina Hubertha Fanggidae, mahasiswi Tangerang yang meraih tiga juara di ajang Patient Counseling Competition (PCC). ANTARA/Istimewa

ORBITINDONESIA.COM - Advelina Hubertha Fanggidae, mahasiswi Farmasi di Tangerang, berhasil meraih tiga gelar dalam ajang Patient Counseling Competition (PCC), yakni kompetisi konseling kepada pasien terkait penggunaan obat yang disampaikan dalam Bahasa Inggris.

"Faktor yang dimilikinya sehingga berhasil meraih prestasi gemilang caranya dalam membangun komunikasi dan kepercayaan yang baik pada pasien dalam satu menit pertama," kata Advelina di Tangerang, Rabu, 6 Maret 2024.

Advelina melakukan penggalian informasi obat secara detail sesuai dengan keluhan yang dialami pasien. Kemudian ia menjelaskan cara penggunaan obat yang disesuaikan dengan pola makan dan istirahat pasien.

Baca Juga: BPOM Resmi Cabut Izin Edar Sebanyak 73 Obat Sirup dari 5 Perusahaan Farmasi

“Saya juga berusaha menjadi pendengar yang baik saat pasien menjelaskan keluhan atau kondisinya, agar saya dapat menjadi fasilitator yang baik untuk memberi informasi obat yang sesuai,” katanya

Advelina juga mengakui, kompetisi ini memiliki tantangan. Yakni, menjelaskan mekanisme dan interaksi obat serta penyakit pasien yang rumit dalam bahasa medis secara sederhana, untuk dapat dimengerti oleh pasien.

"Kita juga harus memastikan kepatuhan pasien dalam menggunakan obat sesuai instruksi agar penyakit yang diderita dapat tertangani," ujar mahasiswa S1 Farmasi Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang ini.

Baca Juga: Logo Baru Holding BUMN Farmasi Diresmikan, Begini Maknanya

PCC adalah ajang mahasiswa farmasi menunjukkan keterampilan dalam memberikan konseling atau penyuluhan kepada pasien terkait penggunaan obat dan manajemen kondisi kesehatan sesuai dengan penyakit yang di deritanya.

Advelina Hubertha Fanggidae meraih juara 1 PCC Pharmanova Institut Teknologi Bandung (ITB) tingkat Nasional pada 17 Februari 2023, Juara 1 PCC Kofein Universitas Airlangga tingkat Internasional 24 Januari 2024, dan Juara 1 PCC Pharmacopeia Universitas Padjajaran tingkat Nasional 11 November 2023.

Kompetisi yang terdiri dari tes soal dan konseling secara tatap muka ini dilakukan dalam Bahasa Inggris.

Baca Juga: Doktor Farmasi dari Universitas Indonesia Nanang Yunarto Temukan Daun Gambir Penurun Kolesterol yang Efektif

Selain menguji pengetahuan ilmiah tentang obat-obatan, para peserta juga dinilai berdasarkan kemampuan komunikasi yang baik dan empati saat berinteraksi dengan pasien. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait