DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Al Jam'iyatul Washliyah Sumatra Utara Buka Donasi Bagi Palestina Selama Bulan Ramadan

image
Seorang anak Palestina terlihat menangis diantara kerumunan dengan panci kosong saat menunggu mendapatkan makanan panas yang didistribusikan oleh badan dan organisasi amal di Kota Gaza, Gaza pada 26 Februari 2024. (Dok ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Pengurus Wilayah (PW) Al Jam'iyatul Washliyah Sumatra Utara (Sumut) membuka donasi bagi rakyat di Palestina selama bulan suci Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Saudara-saudara kita di belahan dunia lain, termasuk di Gaza kondisi puasanya tentu tidak senikmat kita," ucap Ketua PW Al Jam'iyatul Washliyah Sumatra Utara, Dedi Iskandar Batubara di Medan, Selasa, 12 Maret 2024.

Pihak Al Jam'iyatul Washliyah Sumatra Utara mengajak untuk tetap membangun kepedulian sesama umat manusia, karena bulan suci Ramadan sebagai sarana latihan setiap umat Muslim.

Baca Juga: Uni Eropa Kecam Pembatasan oleh Israel Bagi Masuknya Bantuan Kemanusiaan ke Gaza, Palestina

Agresi militer Israel ke Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah menewaskan lebih dari 31.000 warga Palestina dan menciderai lebih dari 72.600 orang lainnya.

Mahkamah Internasional mengeluarkan putusan awal pada 26 Januari yang memerintahkan Israel untuk berhenti melakukan genosida dan mengupayakan perbaikan kondisi kemanusiaan di Gaza.

"Sampai hari ini LAZ Washal (Lembaga Amil Zakat Al Washliyah Beramal), itu masih tetap menerima infak, sedekah dan zakat dari kaum Muslimin dan Muslimat," katanya.

Baca Juga: Perdana Menteri Pedro Sanchez: Spanyol Bisa Akui Negara Palestina pada 2027

Ia juga menyebutkan, LAZ Washal baik yang diperuntukkan untuk mengirimkan sumbangan bagi saudara-saudara sesama Muslim di Palestina, maupun bersifat bantuan sosial di tanah air.

"Silakan saja memilih donasi bagi saudara kita di Palestina atau tanah air kita. Nanti bisa ditransfer ke rekening yang sudah ditentukan," papar Dedi.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menggelar Safari Ramadhan bertajuk Membasuh Luka Palestina yang melibatkan 11 Syekh asal Palestina, dan mereka akan ditempatkan di sembilan provinsi di Indonesia.

Baca Juga: KRI Radjiman Tiba di Perairan Indonesia dari Mesir, Usai Antar Bantuan untuk Rakyat Palestina di Gaza

"Kehadiran para imam dan tokoh Palestina diaspora menjadi kesempatan yang sangat baik untuk bersatu padu memperkuat barisan kita membela Palestina," kata Ketua MUI bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim di Jakarta, Minggu, 10 Maret 2024. 

Sudarnoto menjelaskan, para imam ini akan berkeliling masjid di sembilan provinsi Indonesia untuk berdakwah dan menyampaikan situasi terkini yang dialami oleh masyarakat Palestina di Gaza dan Tepi Barat.

Ia berharap kehadiran para imam Palestina ini dapat semakin membuka mata masyarakat Indonesia serta akhirnya dapat ikut membantu bangsa Palestina lewat donasi.

Baca Juga: Meski Ada Pembatasan oleh Pasukan Israel, 35.000 Jamaah Palestina Salat Tarawih di Masjid Al-Aqsa

"Bagi mereka yang selama ini belum berkesempatan membantu Palestina. Baik karena belum mendengar langsung, atau tidak terbiasa dengan sarana digital. Hari ini hadir langsung para syekh dari Palestina. Mudah-mudahan semakin banyak penduduk Indonesia untuk berdonasi untuk Palestina," kata Sudarnoto. ***

 

Sumber: Antara

Berita Terkait