DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

India akan Kerahkan Tank Ringan di Sepanjang Perbatasan China untuk Meraih Dominasi Operasional

image
Jajaran Tank India

ORBITINDONESIA - Angkatan Darat India mengerahkan tank berat T-90, dengan bobot sekitar 46 ton, dan tank T-72, dengan bobot sekitar 45 ton, di sektor barat Line of Actual Control (LAC). Tank-tank ini diterbangkan pada tahun 2020, setelah China memindahkan tank ringan tipe 15/VT-5 ke area depan.

Angkatan Darat India berencana untuk mengerahkan tank ringan dengan teknologi khusus ke Garis Kontrol Aktual untuk mencari dominasi operasional atas China.

Diluncurkan dengan nama 'Project Zorawar', tank ringan akan membantu tentara India mengatasi keterbatasan yang dihadapi dengan menggunakan tank tempur menengah dan berat. Tank berat lebih cocok untuk dataran daripada medan pegunungan.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: Samsung Bersama Yayasan Bill and Melinda Gates Kembangkan Prototipe Reinvented Toilet

Tank baru ini memiliki berat kurang dari 25 ton dan dipersenjatai dengan kecerdasan buatan, drone terintegrasi, sistem perlindungan aktif, dan tingkat kesadaran situasional yang tinggi.

"Meningkatnya ancaman di perbatasan utara kemungkinan akan tetap menjadi ancaman di masa mendatang," kata seorang pejabat senior Angkatan Darat India, Jumat, 26 Agustus 2022.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Pemerintah India memberikan persetujuan prinsip untuk proyek tersebut pada Maret, dan industri pertahanan India sekarang bekerja untuk mengimplementasikannya dalam "kerangka waktu paling awal," kata sumber di lembaga pertahanan kepada Sputnik.

Tank ringan menjadi penting dua tahun lalu, setelah Angkatan Darat China mulai menggunakan tank tipe 15 di Ladakh. Ini menyusul pertarungan tangan kosong yang meletus antara Angkatan Darat India dan Tentara Pembebasan Rakyat, yang menewaskan 20 tentara India dan empat tentara China.

Baca Juga: Dosen dan Karyawan American University di Washington Mogok, Menuntut Kenaikan Upah

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Di bawah tender global terpisah, Angkatan Darat India ingin mendapatkan "platform kendaraan tempur generasi baru, sekitar 350 tank ringan secara bertahap, bersama dengan logistik berbasis kinerja, teknologi khusus, paket dukungan teknik, dan persyaratan pemeliharaan dan pelatihan lainnya."

India dan China mempertahankan pengerahan sekitar 60.000 tentara, tank, dan senjata artileri dari jarak dekat. Hal ini karena pembicaraan para komandan diplomatik dan militer, tentang pelepasan dan de-eskalasi, telah gagal memperoleh hasil yang diinginkan sejauh ini.***

Berita Terkait