DECEMBER 9, 2022
Nasional

Dito Ariotedjo: Naturalisasi Thom Jan Haye dan Ragnar Oratmangoen Tunggu Tanda Tangan Ketua DPR

image
Dito Ariotedjo. (Antara)

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan, naturalisasi dua pesepak bola, Thom Jan Haye dan Ragnar Oratmangoen, menunggu tanda tangan dokumen persetujuan dari Ketua DPR RI.

"Setelah itu langsung diproses ke Keppres (Keputusan Presiden) dan pelantikan," kata Dito kepada wartawan di Jakarta, Rabu 13 Maret 2024.

Tom Haye (28 tahun) yang bergabung sebagai gelandang di SC Heerenveen, liga utama Belanda, memiliki darah Indonesia (kakeknya berasal dari Sulawesi dan neneknya berasal dari Solo).

Baca Juga: Calon Pemain Timnas Naturalisasi, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Bantu Tim Mereka Menang di Liga Belanda

Sedangkan Ragnar (26 tahun) yang berposisi sebagai penyerang atau winger di Fortuna Sittard di liga Belanda dengan status pinjaman dari Groningen, memiliki darah Indonesia dari kakeknya asal Maluku.

Dito dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir terus berkoordinasi dengan DPR RI agar dokumen itu secepatnya ditandatangani.

"Semoga hari ini Ibu Puan bisa tanda tangan," kata Dito.

Baca Juga: 3 Pemain Sepak Bola Naturaliasi Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarthen Paes Ambil Sumpah WNI 12 Maret 2024

Setelah dokumen tersebut ditandatangani, Presiden Joko Widodo selanjutnya menerbitkan keputusan presiden sehingga mereka bisa mengangkat sumpah menjadi WNI dan selanjutnya didaftarkan ke FIFA agar bisa menjalani debut bersama tim nasonal (Timnas) Indonesia.

Dito mengatakan, waktu pendaftaran pemain ke FIFA juga dibatasi sehingga Kemenpora dan PSSI mengupayakan proses naturalisasi mereka segera tuntas.

"FIFA itu kan ada batas waktu ya, Kalau enggak salah tanggal 18, tadi Pak Erick bilang,” katanya.

Baca Juga: Dua Calon Pemain Naturalisasi, Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye Gagal Bantu Timnya Menang

Tom Haye dan Ragnar Oratmangoen adalah dua dari 28 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta pada 21 Maret dan Stadion My Dinh di Hanoi pada 26 Maret. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait