DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Seratusan Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi Pindah ke Ibu Kota Negara Nusantara

image
Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto (tengah) ber konferensi pers di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa 19 Maret 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Sebanyak 121.626 pegawai negeri sipil (PNS) sudah mengikuti uji kompetensi yang diadakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai persiapan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan, penilaian itu menjadi prioritas di BKN untuk mengetahui potensi dan kompetensi PNS yang akan dipindahkan ke IKN.

"Penilaian tersebut terus berlangsung hingga kebutuhan terpenuhi. Tentu kita inginkan mereka yang pindah itu betul-betul memiliki talenta yang diperlukan," kata Haryomo saat konferensi pers di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa 19 Maret 2024.

Baca Juga: Otorita IKN: Tujuan Pembangunan IKN untuk Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Uji kompetensi kepada PNS itu, menurutnya, sudah berlangsung sejak tahun 2022.

Tahun 2022 ada sebanyak 22.436 PNS, lalu 2023 ada sebanyak 96.760, dan sampai Februari 2024 2.430 orang.

Menurutnya, uji kompetensi tersebut dijalankan untuk  memperoleh informasi kompetensi PNS yang berkaitan dengan literasi digital dan core value BerAKHLAK.

Baca Juga: Badan Kepegawaian Negara: 25 Instansi Kementerian atau Lembaga Sudah Nyatakan Siap Pindah ke IKN

"Sehingga mereka yang dipindah itu betul-betul memenuhi kriteria, baik dari aspek kompetensi, potensi, dan yang berkaitan dengan integritas moral," kata dia.

Dia menjelaskan, PNS yang akan dipindahkan ke IKN ialah mereka yang sekarang bertugas di instansi pusat atau setingkat kementerian, lembaga, dan badan. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait