DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Polres Metro Jakarta Barat Bongkar Peredaran Uang Palsu Rupiah dan Dolar AS di Cengkareng

image
Uang palsu yang peredarannya diungkap oleh Polres Metro Jakarta Barat. ANTARA/HO-Polres Jakbar

ORBITINDONESIA.COM - Polres Metro Jakarta Barat membongkar dugaan peredaran uang palsu di Cengkareng, Jakarta Barat mulai dari mata uang rupiah hingga dolar Amerika Serikat (AS).

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Andri Kurniawan di Jakarta, Sabtu malam, 23 Maret 2024 menjelaskan, awalnya kepolisian mendapat informasi peredaran uang palsu tersebut dari masyarakat.

"Berdasarkan informasi dari masyarakat, diperoleh informasi bahwa terdapat masyarakat yang menyimpan dan atau memperjualbelikan mata uang rupiah yang diduga palsu, dan mengedarkan ke masyarakat di daerah ini," kata Andri Kurniawan. 

Baca Juga: 3 Anggota Sindikat Ini Sering Belanjakan Uang Palsu di Pasar Tradisional dan Warung Kelontong

Dari pengungkapan tersebut, polisi berhasil menangkap seorang pelaku berinisial HNA dan menyita barang bukti sejumlah lembar uang palsu.

Andri Kurniawan tidak merinci, kapan penangkapan tersebut dilakukan dan lokasinya

"Uang palsu pecahan Rp100.000 sebanyak 180 lembar, pecahan Rp50.000 sebanyak 31 lembar dan pecahan 100 dolar AS sebanyak sembilan lembar," kata Andri.

Baca Juga: Ribuan Lembar Uang Palsu Nyaris Beredar Luas di Lampung Seandai Pelakunya Lolos dari Cilegon Banten

Polisi telah menindaklanjuti dugaan kasus peredaran uang palsu tersebut dengan menyelidiki sejumlah saksi dan berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Memeriksa saksi-saksi dan berkoordinasi dengan instansi terkait," kata Andri. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait