DECEMBER 9, 2022
Internasional

Dubes Masaki Yasushi: Masyarakatnya Semakin Menua, Jepang Berupaya Terbaik untuk Atasi Masalah Demografi

image
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi berbicara kepada wartawan di Kedubes Jepang di Jakarta, Senin, 25 Maret 2024. (ANTARA/Nabil Ihsan)

ORBITINDONESIA.COM - Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi mengatakan bahwa Pemerintah Jepang berupaya yang terbaik untuk menangani masalah demografi.

“Pemerintah Jepang, Perdana Menteri Kishida menganggap masalah ini (demografi) masalah yang serius,” kata Dubes Masaki Yasushi di Jakarta, Senin, 25 Maret 2024.

Dubes Masaki Yasushi mengatakan, Jepang menghadapi masalah demografi yang serius karena masyarakatnya semakin menua.

Baca Juga: Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida Ucapkan Selamat kepada Prabowo Subianto Presiden Tepilih

Dubes melanjutkan, alasan masyarakat Jepang semakin menua karena ada banyak pasangan yang tidak mempunyai anak.

Dia berpendapat, alasan untuk tidak mempunyai anak salah satunya adalah karena status perempuan tidak terjamin. Dubes menambahkan, bukan hanya perempuan, tetapi juga karena ada pasangan yang memang tidak menginginkan anak.

Karena itu, Pemerintah Jepang telah melakukan beberapa langkah untuk mengatasi masalah demografi serius tersebut, seperti memberi tunjangan kepada pasangan muda dan pasangan muda yang mempunyai anak.

Baca Juga: Warga Indonesia dan Muslim di Jepang Lakukan Aktivitas Ramadan di Musala Bekas Restoran Sushi

“Menurut saya, yang paling penting bagi masyarakat dan perusahaan adalah memfasilitasi generasi muda untuk mempunyai anak,” tambahnya.

Selain itu, Dubes Masaki melanjutkan, alasan lain banyak pasangan yang memutuskan untuk tidak mempunyai anak adalah karena biaya pendidikan dan harga rumah yang sangat tinggi.

Dia mengatakan, Pemerintah Jepang selalu berusaha sebaik mungkin untuk melakukan perubahan, meski masih belum memberikan hasil yang nyata. ***

 

Sumber: Antara

Berita Terkait