DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Presiden Joe Biden: AS tidak akan Terlibat Menyerang Iran

image
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan). (ANTARA/Anadolu/aa)

ORBITINDONESIA.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa pasukannya tidak akan berpartisipasi dalam operasi balasan apapun melawan Iran.

Demikian CNN, mengutip seorang pejabat senior Gedung Putih, Sabtu 13 April 2024 malam waktu setempat.

Pernyataan Biden ini menyusul Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) meluncurkan serangan drone dan peluru kendali ke Israel sebagai balasan atas serangan Israel ke gedung konsulat yang berdekatan dengan Kedutaan Besar Iran di Damaskus pada 1 April.

Baca Juga: Dubes Iran Mohammad Boroujerdi Puji Komitmen Militer Negaranya di Hari Angkatan Bersenjata

Serangan di konsulat tersebut menghancurkan gedung dan menewaskan tujuh anggota IRGC, termasuk dua jenderal sehingga membuat Teheran bersumpah untuk membalasnya.

Pada Minggu, New York Times melaporkan dengan mengutip dua pejabat Israel, bahwa Iran meluncurkan 185 drone, 36 peluru kendali jelajah, dan 110 peluru kendali antardaratan.

Media lokal melaporkan bahwa Israel mengaku mencegat 99 persen drone dan peluru kendali yang ditembakkan Iran.

Baca Juga: Diskusi Satupena, Nasir Tamara: Perang Singkat Iran vs Israel Tunjukkan Gambaran tentang Cara Perang Masa Depan

Joe Biden mengatakan, Washington membantu Israel menjatuhkan hampir seluruh drone dan peluru kendali yang ditembakkan Iran. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait