DECEMBER 9, 2022
Nusantara

BNPB: Pengungsi Erupsi Gunung Ruang di Sitaro, Sulawesi Utara, Butuh Tenda, Tikar, Selimut dan Alat Kebersihan

image
Erupsi eksplosif yang terjadi pukul 00.38 Wita pada Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, Rabu, 17 April 2024. (ANTARA/HO-PVMBG)

ORBITINDONESIA.COM - Pusat Pengendalian dan Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) melaporkan kebutuhan mendesak berupa tikar, selimut, alat kebersihan, dan tenda. Itu dibutuhkan untuk 838 jiwa, yang terdampak peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Status Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, kini telah menjadi Siaga, seiring dengan peningkatan aktivitas vulkanik akibat gempa bumi tektonik yang mengguncang Pulau Doi di Maluku Utara.

"Alternatif terkait perluasan dampak erupsi Gunung Ruang, maka akan difungsikan rumah-rumah ibadah di wilayah Tagulandang Selatan dan Tagulandang Utara," demikian laporan resmi Pusdalops BNPB yang diterima di Jakarta, Rabu, 17 April 2024.

Baca Juga: Gunung Ibu di Halmahera, Maluku Utara, Meletus dan Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter

Pada 16 April 2024, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Ruang dari sebelumnya Normal menjadi Waspada, terhitung mulai pukul 10.00 Wita.

Berselang delapan jam kemudian PVMBG kembali menaikkan status dari Waspada menjadi Siaga pada pukul 16.00 Wita.

Keputusan menaikkan status itu berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik.

Baca Juga: Badan Geologi Kementerian ESDM Imbau Warga Jauhi Aliran Sungai Berhulu ke Gunung Marapi Sumatra Barat

Masyarakat yang berada di Desa Patologi dan Desa Pumpente dievakuasi ke Kecamatan Tagulandang menggunakan perahu. Sarana evakuasi berupa dua unit kapal feri (KMP Lokong Banua dan KMP Lohoraung) ditambah dengan perahu penyeberangan milik warga.

Adapun titik kumpul atau pengungsian masyarakat terletak di Gereja GMIST Nazareth Bahoi, Balai Latihan Kerja Bahoi, GOR Tagulandang, dan Balai Pertemuan Umum Kecamatan Tagulandang.

Pusdalops BNPB melaporkan bahwa jaringan komunikasi di Kampung Laingpatehi terkendala akibat signal telekomunikasi yang terputus. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait