DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Suzana Wanggai: Pengusaha Papua Nugini Ingin Bermitra dengan Pengusaha Papua, Datangkan Barang dari Jayapura

image
Plt Asisten II Sekda Pemprov Papua Suzana Wanggai. (ANTARA/Evarukdijati)

ORBITINDONESIA.COM - Plt Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Papua, Suzana Wanggai menyebutkan, pengusaha asal Papua Nugini (PNG) ingin bermitra dengan pengusaha Papua, untuk mendatangkan berbagai barang/bahan kebutuhan dari Jayapura.

Suzana Wanggai menyebutkan, beberapa pengusaha asal Papua Nugini beberapa kali menanyakan tentang peluang kerja sama dengan pengusaha Indonesia, khusus yang berada di Jayapura untuk memasok dan memenuhi kebutuhan masyarakat di negaranya.

"Para pengusaha asal Papua Nugini ingin bermitra agar bisa memasok berbagai barang dari Jayapura misalnya barang elektronik dan bangunan untuk dijual di negaranya," kata Suzana Wanggai di Jayapura, Rabu, 17 April 2024.

Baca Juga: Kabur ke Papua Nugini, KPK Segera Terbitkan DPO kepada Bupati Mamberamo Tengah

Diakui, keinginan untuk bermitra dengan pengusaha Jayapura karena harga berbagai jenis barang lebih murah di banding dengan di PNG.

Apalagi banyak warga PNG khususnya yang bermukim di sekitar perbatasan RI-PNG lebih memilih berbelanja ke pusat perbelanjaan yang ada di Kota Jayapura atau di pasar Skouw, yang berjarak sekitar 500 meter dari PLBN Skouw.

Keinginan pengusaha PNG itu sudah disampaikan ke para pengusaha di Kota Jayapura dan diharapkan dapat segera terealisasi sehingga lebih banyak lagi barang-barang asal Indonesia yang diperdagangkan.

Baca Juga: AS Diberi Akses Tanpa Hambatan ke Pangkalan Papua Nugini Dalam Perjanjian Pertahanan

"Pemprov Papua akan mendukung rencana tersebut dan berharap pengusaha Papua terutama yang di Jayapura melirik pangsa pasar di PNG," harap Suzana Wanggai.

Ketua Kadin Papua, Ronald Anthonio secara terpisah berharap Kota Jayapura dijadikan pusat ekspor ke PNG, karena jaraknya lebih dekat dibanding bila dilakukan dari Jakarta atau kota lainnya di Indonesia.

Untuk ke wilayah PNG dari Jayapura bisa melalui jalan darat melintasi PLBN Skouw ke Vanimo, Provinsi West Sepik atau menggunakan kapal.

Baca Juga: James Marape: Perjanjian Pertahanan Papua Nugini dengan AS Tidak Bahayakan Hubungan dengan Negala Lain

"Peluang ekspor ke PNG memang masih terbuka luas, " kata Ketua Kadin Papua Ronald Anthonio. ***

 

Sumber: Antara

Berita Terkait