DECEMBER 9, 2022
Internasional

Satupena Akan Hadirkan Wartawan Senior Nasir Tamara untuk Diskusikan Konflik Iran vs Israel, Kamis Malam Besok

image
Diskusi Satupena tentang konflik Iran vs Israel dengan narasumber Nasir Tamara (Foto: Satupena).

ORBITINDONESIA.COM - Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan menghadirkan wartawan senior Nasir Tamara untuk mendiskusikan konflik Iran vs Israel, yang akhir-akhir ini membuat panas kawasan Timur Tengah.

Obrolan Hati Pena #130 tentang konflik Iran-Israel itu akan berlangsung di Jakarta, Kamis malam, 25 April 2024, pukul 19.00-21.00 WIB. Diskusi itu akan dipandu oleh Amelia Fitriani dan Swary Utami Dewi.

Sebagai narasumber dalam diskusi ini adalah Nasir Tamara, yang pernah meliput revolusi Islam Iran dan kembalinya Ayatullah Khomeini ke Iran dari pengasingannya di Paris, Prancis.

Baca Juga: Menhan AS Lloyd Austin dan Menhan Israel Yoav Gallant Bahas Stabilitas Regional Usai Serangan ke Iran

Panitia diskusi menyatakan, saling serang antara Israel dan Iran baru-baru ini telah memanaskan kawasan Timur Tengah dan meningkatkan ketegangan geopolitik.

Konfrontasi terbuka Iran-Israel ini telah memberikan gambaran tentang kekuatan militer dan kemampuan masing-masing negara dalam melakukan serangan balasan.

Seluruh perhatian media massa untuk Timur Tengah belakangan teralihkan pada serangan drone dan rudal antara Iran dan Israel yang dramatis. Pada saat yang bersamaan, warga Palestina di Gaza masih jauh dari kata damai.

Baca Juga: Analis Politik Marwan Bishara: Serangan oleh Iran dan Israel Menjadi Preseden Penting, Ambang Batas Terlewati

Serangan terbuka antara dua rival, Iran dan Israel, yang sebelumnya tidak pernah melakukan konfrontasi langsung ini, memicu kekhawatiran komunitas internasional tentang potensi eskalasi perang yang lebih luas.

Pergerakan ke dalam pertempuran terbuka itu sendiri dimulai pada 1 April 2024, dengan serangan Israel yang menewaskan dua jenderal Iran di kompleks diplomatik Iran di Damaskus, Suriah.

Hal ini mendorong serangan balasan Iran pada 13 April 2024 dengan lebih dari 300 rudal dan drone ke wilayah Israel.

Baca Juga: Di Tengah Dugaan Kerja Sama Senjata, Korea Utara Kirim Delegasi ke Iran

Israel pun kemudian membalas lagi dengan dengan serangan ke Isfahan, Iran. Lantas, bagaimana konflik Iran-Israel akan berimbas pada situasi global?

Acara diskusi ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena130. Juga bisa melalui livestreaming: Youtube Channel, Hati Pena TV. Selain itu, lewat Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.***

Berita Terkait