DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Direktur Eksekutif CSIS Philips Vermonte Merasa Ditelantarkan oleh Emirates, 3 Hari Terdampar di Bandara Dubai

Direktur Eksekutif CSIS Philips Vermonte (foto: Antara)

ORBITINDONESIA.COM - Direktur Eksekutif CSIS Philips Vermonte merasa ditelantarkan oleh maskapai penerbangan Emirates, lantaran terpaksa terdampar tiga hari di bandara Dubai.

Curhat Philips Vermonte, yang menggunakan campuran bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia itu diungkap di akun Facebooknya, Selasa, 30 April 2024.

Karena cukup menarik dan berkaitan dengan isu pelayanan publik, curhat Philips Vermonte itu diterjemahkan oleh OrbitIndonesia.com, dan dimuat lengkap di bawah ini, dengan sedikit penyuntingan bahasa:

Baca Juga: Wow, Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo Resmi Dibuka, Bakal Ada 5 Imam Uni Emirate Arab, Catat Waktunya!

"Ini cerita drama Korea. Minggu lalu terdampar selama tiga hari di bandara Dubai dalam perjalanan menuju New York. Saya seharusnya menghadiri konferensi di Universitas Princeton di New Jersey, kemudian berencana untuk datang ke Universitas Dekalb/Northern Illinois juga.

Tapi, manusia mengusulkan agar Tuhan yang menentukan, kata mereka. Banjir besar di Dubai, Siapa Sangka? Dari Jakarta sudah tertunda 10 jam lebih.

Emirates seharusnya membatalkan penerbangan sama sekali, tapi mereka tidak melakukannya! Saya rasa mereka tidak ingin mengembalikan uang tiket penumpang.

Baca Juga: Laporan CSIS Tunjukkan, China Mengambil Langkah Menuju Dominasi Ruang Angkasa

Jadi mereka menerbangkan kami ke Dubai dengan mengetahui sepenuhnya bahwa semua penumpang akan ditunda. menderita di sana, memalukan sekali Emirates! Meskipun para penumpang benar-benar tahu apa yang menanti mereka di bandara Dubai, kami benar-benar menjadi gila, berkat pilot dan kru Emirates yang tersenyum.

Jadi, yang pasti saya (dan ribuan penumpang lainnya dari berbagai rute di dunia) ketinggalan penerbangan lanjutan dan bahkan tidak mungkin untuk mendekati meja transfer, untuk melaporkan dan mendapatkan penerbangan baru.

Antrean sangat panjang dan semrawut di setiap meja transfer di setiap terminal di bandara. Ini adalah kerusakan total suatu sistem. Itu adalah kombinasi bencana alam dan bencana akibat ulah manusia. Penumpang terdampar dan tidur di lantai.

Baca Juga: Brighton Hancurkan Arsenal di Emirates Stadium, Mimpi The Gunners Juara Liga Inggris Nyaris Lenyap

Saya berhasil memesan kamar setiap malam di sebuah hotel di dalam kompleks bandara. Penderitaannya berkurang, namun entah mengapa pada hari saya tiba di Dubai, saya mulai mengalami demam, sakit kepala, super meriang, dan nyeri pada persendian dan tulang.

Awalnya saya pikir itu karena saya sangat kelelahan. Hari kedua keadaannya menjadi lebih buruk, ada beberapa muntahan. Karena hampir semua penerbangan ditunda atau dibatalkan sama sekali, tidak masuk akal mencoba terbang ke New York.

Orang-orang di Princeton mengerti karena saya sudah melewatkan acara tersebut. Jadi saya memutuskan untuk terbang kembali ke Jakarta, tapi memesan penerbangan kembali ke Jakarta pada hari-hari itu adalah drama lain.

Baca Juga: WOW, Berkapasitas 600 Orang, Ini Spesifikasi Lengkap Pesawat Airbus A380 Milik Emirates yang Mendarat di Bali

Entah bagaimana saya berhasil mendapatkan tiket. Setibanya pergi ke rumah sakit dan melakukan beberapa tes darah.
Ternyata saya terkena demam berdarah. Kadar trombositnya masih oke, di angka 200 tapi dokter menduga saya terjangkit DBD.

Saya bisa pulang tetapi dia menyarankan saya melakukan tes darah untuk dua hari berikutnya dan saya melakukannya. Keesokan harinya 194, dan lusanya 150, ambang batasnya. Jadi saya dirawat di rumah sakit.

Hari kedua di rumah sakit, kadar trombositnya naik, terus turun, jadi 127. Tapi hari ketiga sudah kembali ke 131. Dokter bilang saya bisa keluar dari rumah sakit, tapi kami putuskan menunggu satu hari lagi.

Baca Juga: Survei CSIS: Elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Teratas, 43,7 Persen

Keesokan paginya kadar trombosit sudah mencapai 178. Beruntung dan terpesona melihat bagaimana tubuh saya bertahan dari kelelahan di Dubai, ketika semua gejala demam berdarah sudah hilang dan kadar trombosit kembali pulih dengan cukup cepat.

Mungkin karena saya tidur terus menerus selama berjam-jam seharian di rumah sakit. Itu membantu pemulihan agak cepat. Hampir tidak ada pengunjung karena saya benar-benar perlu istirahat total untuk memulihkan diri (terima kasih teman-teman yang mengirim sms/menelepon, sangat menghargai pengertian tidak berkunjung ke rumah sakit, terima kasih atas bunganya yang lucu dan keluar dari nama pengirim kotak!).

Setelah direnungkan: terdampar di Dubai sebenarnya merupakan sebuah berkah tersembunyi. Kalau saya terbang dan akhirnya ke rumah sakit Amerika dengan demam seperti itu, paling-paling saya hanya diberi paracetamol/ ibuprofen/ tylenol dan disuruh pulang dan istirahat.

Baca Juga: Survei CSIS: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Belum Menembus Ambang Batas Parlemen, PDI Perjuangan Memimpin

Demamnya mungkin akan hilang, tapi seperti yang kita ketahui di Indonesia, hal itu salah kaprah.

Ketika demam berdarah tampaknya telah hilang, sebenarnya hal tersebut terjadi ketika tingkat trombosit turun sepenuhnya ke tingkat yang berbahaya dan mengancam jiwa dan dalam banyak kasus sudah terlambat untuk ditangani, memerlukan transfusi darah, dll.

Demam berdarah pasti merupakan penyakit tropis. yang menurut saya kurang dikenal di AS.

Baca Juga: Witan Sulaeman Bawa Timnas Indonesia Menang Melawan Uni Emirat Arab dalam Pertandingan Uji Coba

Kemarin, koper-koper yang ikut terdampar di Dubai akhirnya tiba di Soekarno-Hatta dan bisa diambil. Lumayan. Satu koper isinya makanan dan bumbu titipan Keira/Daniel. Terpaksa tertunda dulu. Insya Allah Mei terbang lagi ke US, untuk acara lainnya. Semoga lancar. ***