DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Penyair Banglades, Aminur Rahman: IMLF Sangat Baik untuk Promosikan Budaya Minangkabau ke Dunia

image
Aminur Rahman, penyair terkenal Banglades (foto: Panitia IMLF)

ORBITINDONESIA.COM - Aminur Rahman, penyair terkenal Banglades, yang juga menjadi konsultan banyak ajang sastra dan seni budaya dunia termasuk untuk IMLF, berkomentar.

Aminur Rahman berbicara tentang persiapan IMLF (Festival Literasi Minangkabau Internsional), yang segera akan digelar pada 8- 12 Mei 2024 di Padang, Padang Panjang, Baso dan Batusangkar.

"IMLF adalah inisiatif yang sangat baik untuk mempromosikan budaya Minangkabau ke dunia. Pada IMLF pertama, sudah terbukti kemampuan dan kredibilitas panitia. IMLF kedua sudah dekat," ujar Aminur Rahman. 

Baca Juga: IMLF-2 Satupena Sumatra Barat Akan Gelar Seminar Internasional, Hadirkan Sejumlah Pembicara Luar Negeri

"Ada tujuh belas negara hadirkan penulis dan penyair kreatif yang sangat hebat. Mereka akan menghadiri festival yang akan diselenggarakan dari tanggal 8 hingga 12 Mei ini," tuturnya.

"Saya yakin festival ini akan melebihi ekspektasinya. Dan para peserta akan membawa kembali perasaan luar biasa dan menyebarkan berita ke seluruh dunia. Saya berharap mereka semua sukses," lanjut Aminur.

Aminur Rahman lahir di Dhaka, Banglades pada 1966 dan lulus dengan gelar M-PHARM[acy]. Saat ini ia dianggap sebagai salah satu penyair paling terkenal di luar negeri Banglades.

Baca Juga: Yusuf Liu Baojun, Pelukis Kaligrafi China Muslim akan Meriahkan Pameran IMLF Kedua di Padang, Sumatra Barat

Ia telah menerbitkan enam kumpulan puisi dalam bahasa Bangla. Karyanya telah diterjemahkan ke lebih dari dua puluh lima bahasa dan memiliki buku puisi dalam bahasa Inggris (4), Spanyol (3), Jerman, Jepang, Mongolia (chapbook), Arab, China, Bahasa Melayu, Rusia dan Perancis.

Dia adalah seorang penulis dan kritikus seni terkenal dan memiliki tiga buku prosa sebagai penghargaannya. Sebagai penerjemah ulung, dia telah menerjemahkan dua belas buku puisi dan mengedit beberapa majalah dan buku puisi termasuk Antologi puisi dan cerita pendek .

Sebagai penulis undangan, Aminur Rahman telah membaca karyanya di seluruh dunia, di berbagai festival seni dan sastra internasional, universitas, dan tempat kebudayaan. Dia telah mewakili Banglades dalam Festival Puisi di Kolombia, Malaysia, Mongolia, India, Irak, Jepang, Sri Lanka, Spanyol, Nikaragua dan lain-lain.

Baca Juga: Kanal Khiev, Finalis Kamboja's Got Talent Akan Tampilkan Tarian Spektakulernya di Pertunjukan Seni IMLF II

Dia dianugerahi Medali Emas Chinggish Khaan (2006), Heaven Horse Award (2015) di Mongolia, Numera Penghargaan Sastra Dunia (2016) di Malaysia, Penghargaan Kontribusi untuk Puisi Internasional (2016) di Taiwan, Penghargaan Penyair Dinesh Das (2019) di India, Penghargaan Menada (2019) di Makedonia, Penghargaan Ksatria Emas (2022).

"Kehadiran Aminur yang mememandu kita, sangat membantu kesuksesan acara IMLF," ujar Armaidi Tanjung, Sekretaris Panitia the 2nd IMLFdi sekretariat SatuPena Sumatra Barat. ***

Sumber: Satupena Sumatra Barat

Berita Terkait