DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Alhamdulilah, Kuota Jemaah Haji Indonesia 2023 Naik, Begini Pesan Menag

image
Menag sebut kuota jemaah haji Indonesia 2023 akan naik.

ORBITINDONESIA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa kuota jemaah haji Indonesia pada 2023 mendatang akan meningkat dibanding dengan tahun 2022 yang berjumlah 100.051 jemah.

Yaqut menerangkan, peningkatan jemaah haji Indonesia tersebut harus berbarengan dengan peningkatan kualitas penyelenggaan haji 2023 mendatang.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Baca Juga: MotoGP San Marino 2022: Halangi Pembalap Lain, Prancesco Bagnaia Dihukum Turun 3 Posisi

Menurutnya, dengan peningkatan jumlah kuota jemaah haji Indonesia, tantangan penyelenggaan ibadah haji semakin berat.

"Kita tahu ada banyak apresiasi dari berbagai pihak atas suksesnya haji kali ini. Haji 2022 harus jadi tolok ukur, namun kita tidak boleh jumawa dan cepat puas. Tantangan ke depan saya yakini jauh lebih berat," kata Yaqut dalam keterangan pers yang diterima Jumat, 2 September 2022.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Baca Juga: Inilah Buah yang Bisa Anda Konsumsi saat Cuaca Terik dan Panas

Dengan adanya peningkatan kuota jemaah haji Indonesia, lanjutnya, penyelenggara ibadah haji mendatang butuh energi ekstra dan menguras pikiran.

Untuk itu, Menag meminta tantangan ini diantisipasi betul oleh Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief dan jajarannya.

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Menag berpesan agar persiapan pelayanan haji ke depan harus lebih matang dan detail agar tidak banyak hal yang terlewatkan.

Baca Juga: Ternyata Ferdy Sambo Belum Ajukan Berkas Banding, Mengapa

Terkait Visi 2030 Saudi, pihaknya meminta agar disiapkan mitigasi yang tepat jika penyelenggaraan haji ke depan tidak lagi banyak melibatkan pihak Kerajaan Arab Saudi misalnya.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

“Untuk itu ke depan saya minta harus ada banyak inovasi. Seperti jaket pendingin yang tahun ini sudah dicoba mungkin perlu diadakan untuk para petugas di lapangan. Demikian juga layanan fast track bisa diperbanyak tak hanya di Jakarta, tapi bisa di Jateng dan Jatim. Rakernas jangan hanya acara seremoni,” pintanya.***

Berita Terkait