DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Penggalangan Petisi Menolak Dana Pensiun Seumur Hidup untuk Anggota DPR

image
Ilustrasi Dana pensiun seumur hidup bagi anggota DPR

 

ORBITINDONESIA – Di change.org saat ini sedang beredar penggalangan petisi, yang menolak pemberian dana pensiun seumur hidup untuk anggota DPR. Petisi ini digagas oleh Erman.

Erman menulis, “Sebagai rakyat yang diwakilkan oleh bapak ibu DPR, saya keberatan dengan rencana dana pensiun seumur hidup DPR.”

Baca Juga: Liga Inggris: Sheffield United Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi

“Saya yakin gak cuma saya yang keberatan, tapi banyak rakyat Indonesia. Soalnya DPR masa jabatannya hanya 5 tahun. Apakah cocok diberi dana pensiun seumur hidup?” lanjut Erman.

Baca Juga: Sekarang Mau ke Korsel Bisa Terbang Langsung dari Manado

Kebijakan pensiun DPR merupakan salah satu wujud dari amanat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1980 tentang Hak Keuangan/Administratif Pimpinan dan Anggota Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara serta Bekas Pimpinan Lembaga Tinggi/Tinggi Negara dan bekas anggota Lembaga Tinggi Negara.

Baca Juga: Liga 1: Persib Bandung Pastikan Masuk ke Championship Series

Tapi apakah perlu memberi dana pensiun seumur hidup padahal hanya bekerja 5 tahun? “Sementara masih banyak kebutuhan Indonesia loh. Masih banyak guru yang belum digaji memadai, subsidi BBM berkurang, kok DPR malah dapat dana pensiun seumur hidup?” tutur Erman.

Belum lagi, ada wacana eks koruptor yang diizinkan mencalonkan diri jadi calon legislatif. Padahal jelas koruptor merugikan negara.

“Bukannya diberi hukuman maksimal, seperti mengembalikan semua kerugian negara, menyita semua aset dan memiskinkan agar ada efek jera. Malah diberi kesempatan nyaleg,” tulis Erman, prihatin.

Baca Juga: Megawati Sampaikan Surat Amicus Curiae atau Sahabat Pengadilan ke Mahkamah Konstitusi: Semoga MK Bukan Ketok Palu Godam

Baca Juga: Menkominfo Sebut Hacker Bjorka Hanya Bocorkan Data Umum dan Lama

“Karena itulah, sebagai rakyat Indonesia yang diwakilkan oleh para DPR, kita berhak mengkritik dan meminta kepada DPR dan MPR untuk menghapuskan dana pensiun anggota DPR,” tegasnya.

Sampai saat berita ini ditulis, sudah 1.992 orang yang menandatangani petisi itu. Target awal mengejar angka 2.500. ***

Baca Juga: Presiden Jokowi Menikmati Libur Idulfitri Bersama Cucunya di Objek Wisata Satwa Deli Serdang

 

Berita Terkait