DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Media Tiongkok Sebut Indonesia Akan Kuasai Sepakbola Asia Tenggara

image
Timnas Indonesia dikabarkan oleh media Tiongkok akan menguasai sepak bola Asia Tenggara bukan Vietnam dan Thailand

 

 


ORBITINDONESIA – Lolosnya Timnas Indonesia ke Piala Asia U20 2023 ternyata mendapatkan sorotan beberapa media internasional salah satunya dari media Tiongkok, Sohu.

Bahkan dalam laporannya media ini mengatakan di masa depan, bukan lagi Vietnam yang akan menguasai sepakbola Asia Tenggara melainkan Indonesia.

Ketika melihat kekalahan Vietnam dari Indonesia, media Tiongkok ini menyebutkan bahwa tim Bintang Emas akan kesulitan di masa depan. Hadirnya Indonesia sebagai kekuatan baru menjadi ancaman untuk Vietnam bahkan Thailand di Asia Tenggara.

Baca Juga: Kemendagri Segera Evaluasi Kepatuhan Pemerintah Lampung Timur Menjalankan Kewajiban Konstitusional

“Bisa dibilang tim muda Vietnam ini (Vietnam U20) meski berada di tim nasional, akan sulit untuk menciptakan momentum di masa depan. Sepak bola Asia Tenggara selalu memiliki satu atau dua kuda hitam. Thailand sebelumnya dan Vietnam sekarang, tetapi kekuatan merea hampir tidak dapat dilanjutkan,” tulis media ini sebagaimana dikutip dari media Vietnam The Thao247.

Media ini juga menitipkan pesan kepada timnas Tiongkok agar tidak perlu mewaspadai Vietnam di masa depan. Kewaspadaan itu justru kepada Indonesia yang secara tiba-tiba menaklukan Asia Tenggara.

“Bisa dikatakan bahwa ke depan kita mungkin tidak mewaspadai Vietnam, tetapi tim perkasa Indonesia. Mungkin pesepakbolaan Vietnam saat ini sudah benar-benar mulai menurun, yang bisa dilihat dari bentuk tim mudanya,” tulis media ini.

Baca Juga: Lolos Putaran Final Piala Asia U20 2023, Indonesia Masuk Dalam Tim Elite Level Asia

“Di Piala Dunia berikutnya, bahkan jika Vietnam berada di grup yang sama dengan kami, itu tidak akan terancam. Sebaliknya, sebelum kemunculan kuda hitam Indonesia secara tiba-tiba China perlu waspada tinggi,” lanjut surat kabar tersebut.

Apa yang ditulis oleh media Tiongkok benar adanya dan tidak berlebihan, di bawah asuhan Shin Tae-yong Indonesia catatkan sejarah sepanjang AFC berdiri dengan menempatkan dua timnas di Piala Asia (Senior dan U20)

Seperti diketahui, Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U20 2023 berkat kemenangan dramatis 3-2 atas Vietnam dalam partai terakhir Grup F Minggu 18 September 2022.

Baca Juga: Keren, Batik Lasem Jadi Tanda Mata TWG G20

Sedangkan Vietnam dengan hasil ini harus puas di posisi runner up terbaik kedua setelah Tiongkok yang diluar dugaan lolos sebagai runner up Grup A. ***

Berita Terkait