DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Dorna Sports Berminat Masukkan India dalam Kalender MotoGP

image
ilustrasi, Dorna Sports tengah melakukan pembicaraan dengan pemerintah India soal kemungkinan India masuk dalam daftat lomba MotoGP musim depan

 


ORBITINDONESIAMotoGP tampaknya akan menambah satu sirkuit baru lagi untuk balapan dalam beberap tahun ke depan.

Hal ini dibuktikan dengan kabar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dikabarkan sedang melakukan negosiasi dengan pemerintah India untuk menggelar balapan MotoGP di sana.

Sebagaimana dilansir dari Speedwekk, sebelum menuju Tokyo, Carmelo dan putranya.

Baca Juga: India Berpotensi Masuk Kalender MotoGP

Carlos Ezpeleta yang merupakan Direktur Dorna Sports dikabarkan mampir lebih dulu ke New Delhi, India dan bertemu dengan pejabat tinggi Pemerintah India.

Pertemuan tersebut kabarnya untuk memulai proses negosiasi penyelenggaraan MotoGP India di Sirkuit Internasional Buddha, ini kali pertama dalam 10 tahun terakhir, pemerintah tertarik menggelar balapan kuda besi paling elite di dunia ini.

Permasalahan yang harus segera diselesaikan adalah Bea Cukai, lantaran India tidak mengenal dokumen Carnet yang digunakan sebagai ‘paspor’ internasional untuk barang yang diekspor ke luar negeri.

Baca Juga: Deretan Kiprah Anne Ratna Mustika, Bupati Purwakarta yang Gugat Cerai Dedi Mulyadi

Karena isu ini membuat para tim MotoGP tidak bisa mengimpor peralatan balap merea seperti motor, ban, bahan bakar balap, mesin cadangan, peralatan makan, lemari es dan lain-lain.

Isu ini kemungkinan besar masih bisa menjadi batu sandungan bagi Dorna untuk menggelar balapan di MotoGP di India, padahal Sirkuit Buddha ini punya karakteristik yang begitu bagus untuk menggelar turnamen motor balap.

Upaya negosiasi terus dilakukan oleh Dorna dan Pemeirntah India, namun permasalahan bea cukai tersebut wajib ada solusinya bila mereka ingin mewujudkan MotoGP India ynag kabarnya akan masuk pada musim 2023 atau 2024 dengan catatan semua pihak temui kata sepakat.

Baca Juga: Mengenal Iket Sunda yang Dipakai Dedi Mulyadi serta Jenisnya

India dimata MotoGP adalah pasar yang besar dengan populasi mereka yang mencapai lebih dari 1,38 miliar penduduk, keuntungan yang sangat besar pun menanti Dorna andaikan Marc Marquez dan kolega bisa mengaspal di Sirkuit tersebut.

Sebagai informasi, Sirkuit Buddha yang terletak di Greataer Noida pernah gelar balapan Formula 1 pada 30 Oktober 2011 dengan Sebastian Vettel berhasil menangkan balapan tersebut dalam tiga musim berturut-turut.

Sejak musim 2013, panjang lintasan sepanjang 5,125 km ini tidak masuk lagi dalam kalender F1, sempat direncanakan gelaran MotoGP dan World Superbike (WSBK) pada 2014 namun gagal lantaran urusan bea cukai.***

Berita Terkait