DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Ingin Cegah Penyakit Osteoporosis? Mulai sekarang Terapkan Gaya Hidup Aktif

image
Ilustrasi seorang wanita degan gaya hidup aktif bisa cegah Osteoporosis.

ORBITINDONESIA- Tahukah Anda osteoporosis adalah salah satu penyakit tidak menular yang tak hanya membebani ekonomi, tetapi juga menurunkan produktivitas kerja karena perawatan pasien osteoporosis pada umumnya membutuhkan waktu panjang.

Kementerian Kesehatan menghimbau masyarakat untuk menerapkan gaya hidup aktif demi mencegah penyakit osteoporosis yang bisa diantisipasi sejak dini.

Ada sejumlah gaya hidup yang bisa diterapkan demi menjaga kesehatan tulang dan jauh dari osteoporosis yakni meningkatkan aktivitas fisik lewat olahraga yang benar, terukur dan teratur.

Baca Juga: Bagi Penderita Diabetes Mulai Sekarang Modifikasi Gaya Hidup dengan Cara Ini

Olahraga dapat dilakukan minimal 30 menit per hari sebanyak tiga sampai lima kali setiap pekan.

"Kami harap masyarakat semakin peduli atas kesehatan tulang, mari bersama terapkan gaya hidup sehat," ujar dr. Ari Setyaningrum, Sp.KO. Ketua Tim Kerja Kesehatan Olahraga Kementerian Kesehatan.

"Olahraga meliputi aerobik, latihan kekuatan, kelenturan dan keseimbangan. Ini perlu dilakukan agar dapat mengoptimalkan kondisi fisik," jelas Ari.

 Baca Juga: Awas Osteoporosis Menginjak Umur Tigapuluhan, Cegah dengan Cara Menabung Tulang sejak Dini

Selanjutnya adalah diet sehat yang kaya nutrisi demi kesehatan tulang.

Ia meminta masyarakat untuk mengonsumsi makanan dengan zat yang menyehatkan tulang seperti kalsium, protein, vitamin dan mineral serta magnesium yang penting untuk kesehatan tulang.

Mendapatkan paparan matahari yang cukup demi mendapatkan vitamin D juga penting, serta menghindari konsumsi alkohol dan rokok.

 Baca Juga: Ini Penyebab Anda Bisa Mengalami Osteoporosis di Usia Muda yang Harus Diwaspadai, Salah satunya Hipogonadisme

Individu yang sudah punya faktor risiko diminta lebih waspada, seperti faktor usia, riwayat keturunan dan penggunaan obat-obatan jangka panjang tertentu.

"Kita harus segera mendeteksi dini untuk pencegahan," kata dia.

Ari juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga dan mempertahankan berat badan sebagai upaya pencegahan.

 Baca Juga: Apa saja Pilihan Olahraga yang Cocok untuk Lansia? Cek Referensinya di Sini

Hari Osteoporosis Dunia yang dirayakan pada 20 Oktober lalu, harus jadi pengingat untuk mencegah dan mengendalikan osteoporosis bersama-sama.

"Osteoporosis ini silent disease, jadi kita perlu lakukan upaya bersama mitra dan pemangku kepentingan terkait untuk mencegah dan mengendalikannya," tutup dia.***

Berita Terkait