DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Rishi Sunak, PM Inggris Termuda dalam Sejarah Inggris Berusia 42 tahun

image
Rishi Sunak terpilih menjadi PM Inggris termuda sejak negara itu berdiri yaitu berumur 42 tahun

 

ORBTINDONESIA – Tokoh muda Partai Konservatif, Rishi Sunak menjadi Perdana Menteri Inggris gantikan Liz Truss yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu. Rishi Sunak dipastikan memimpin Inggris karena tidak ada lagi pesaingnya.

Dua rivalnya yaitu esk PM Inggris Boris Johnson dan juga pemimpin House of Commons Penny Mordaunt mengundurkan diri. Alhasil hanya Rishi Sunak yang berada di pencalonan pemimpin Partai Konservatif sekaligus PM Inggris.

Tahukah anda, bahwa Rishi Sunak lahir pada 12 Mei 1980 di Southampton, Hampshire, Inggris yang lahir dari kedua orang tua keturunan India in bakal menjadi PM Inggris termuda dalam sejarah.

Baca Juga: Rishi Sunak Terpilih Jadi PM Inggris Baru Gantikan Liz Truss yang Mundur

Kakek dan nenek Rishi Sunak merupakan penduduk Punjab, India dan migrasi ke Inggris pada 1960 dari Afrika Timur, dengan kata lain, Rishi Sunak akan menjadi Perdana Menteri Inggris pertama yang memiliki keturunan Asia dan India.

Soal pendidikan, Rishi Sunak patut diperhitungkan karena dirinya adalah lulusan Universitas Oxford jurusan filsafat, politik dan ekonomi (PPE). Lalu meraih master di administrasi bisnis Universitas Stanford, Amerika Serikat dengan beasiswa Fullbright.

Di Stanford inilah Rishi Sunak bertemu dengan isterinya, Akshata Mutry, putri seorang miliarder India dan saat ini memiliki dua anak perempuan.

Baca Juga: Inilah Sosok Mantan PM Liz Truss yang Mundur Setelah 45 Hari Jabat PM Inggris

Rishi Sunak juga sempat bekerja di Goldman Sachs sebelum berkiprah di dunia politik pada 2015. Dirinya mewakili daerah pemilihan Richmond di North Yorkshire, Inggris Utara.

Rishi Sunak merupakan sosok yang memilih leave atau tinggalkan saat Inggris gelar referendum Brexit untuk keluar dari Uni Eropa pada 2016 silam.

Rishi Sunak di era Boris Johnson, menduduki menteri keuangan pada 2020 menggantikan Sajid Javid yang mengundurkan diri.

Baca Juga: Mau Ikut Lomba? Ini Contoh Naskah Pidato Hari Sumpah Pemuda 2022 dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Hanya beberapa pekan menjabat posisi menteri keuangan, pandemic Covid 19 melanda Iggris dan Sunak dikenal sebagai salah satu menteri Johnson yang popular dengan kebijakannya untuk pendemik

Dirinya merancang dan menerapkan program dukungan ekonomi untuk negara yang capai ratusan miliar Poundsterling, serta mendukung pengusaha dan para pekerja dengan dana pemerintah.***

Berita Terkait