DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

HYUNDAI Jajaki Kerja Sama Mobil Listrik dengan Pabrik Mobil ESEMKA

image
Bos Hyundai Asia Pasifik Lee Young Tack (kanan) Jajaki Kerja Sama dengan Pabrik Mobil ESEMKA Bangun Mobil Listrik.

ORBITINDONESIA – Raksasa otomotif dari Korea Selatan, Hyundai sedang menjajaki mitra kerja sama membangun mobil listrik dengan pabrik mobil Esemka di Surakarta, Jawa Tengah.

Hal ini terungkap dari pertemuan antara CEO Hyundai Motor Asia Pasifik Lee Young Tack dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang didampingi oleh Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto di kantor Wali Kota Surakarta, Selasa 25 Oktober 2022.

Seperti dikutip OrbitIndonesia dari kanal youtube @BeritaSurakarta, Hyundai yang sedang mengembangkan mobil listrik butuh mitra lokal Indonesia untuk memasok segala kebutuhan komponen mobilnya.

Baca Juga: Kejaksaan Negeri Ketapang Kalimantan Barat Selamatkan Uang Negara Rp3 Miliar dari Terpidana Korupsi PT BRI Tbk

Dan, pabrik mobil ESEMKA di Surakarta adalah salah satu yang sedang dijajaki oleh Hyundai untuk menjadi mitra lokalnya.

Duta Besar Gandi Sulistiyanto maupun Gibran belum bisa menjelaskan nilai investasi yang akan dibikin oleh Hyundai, karena sekarang baru tahap penjajakan.

“Kita tunggu saja, pokoknya tahu-tahu jadi nanti,” kata Gibran mantab kepada wartawan yang mewawancarainya.

Pada kesempatan itu, Gibran didampingi Gandi Sulistiyanto mengantar bos Hyundai Lee Young Tack meninjau pabrik mobIl ESEMKA.

Baca Juga: Irjen Fadil Imran: Situasi di Depan Istana Kondusif Setelah Insiden Perempuan Bercadar Bersenjata Api

Mobil ESEMKA adalah kendaraan karya anak-anak bangsa yang dimotori oleh Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi sewaktu masih menjadi Wali Kota.

Sedangkan Hyundai sekarang ini memiliki produk mobil listrik andalan yaitu IONIQ 5. Mobil seharga Rp750-an juta ini didukung baterai yang mampu menempuh 400-an kilometer sekali isi penuh.

Waktu pengisian baterainya membutuhkan waktu 30-an jam dengan daya 220 volt. ***

Berita Terkait