DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Indonesia Cuma di Peringkat 3, Negara Dengan Minat Tinggi Terhadap Sepak Bola, Inilah yang Nomor 1

image
Minat tinggi terhadap sepak bola, Indonesia hanya tempati peringkat 3, siapa di puncak?

ORBITINDONESIAIndonesia jadi negara dengan minat tinggi terhadap olahraga sepak bola nomor tiga terbesar se-Asia.

Dengan persentase sebesar 69 persen, Indonesia hanya berselisih 1 persen dengan UAE yang menempati peringkat kedua sebagai negara dengan minat tinggi terhadap olahraga sepak bola.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Jika Indonesia yang terkenal dengan militansi para suporternya dalam mendukung klub maupun tim nasionalnya, maka siapa ada di nomor 1 sebagai negara dengan minat tinggi terhadap olahraga sepak bola?

Baca Juga: Hasani Abdulgani Beri Klarifikasi Soal Exco PSSI yang Akan Mengundurkan Diri Saat KLB PSSI

Berdasarkan hasil survei Nielsen pada negara-negara di Asia, jelang perhelatan akbar sepak bola Piala Dunia 2022 di Qatar terbukti tiga besar negara dengan minat yang tinggi terhadap sepak bola tak satupun yang memiliki kualifikasi untuk berada pada Final Piala Dunia.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas PSI yang Dipimpin Kaesang Hanya 1,5 Persen, Gerindra Salip PDI Perjuangan

Dimulai dari peringkat 12, ada Jepang yang hanya memiliki 28 persen masyarakatnya yang menyukai sepak bola. Namun meski tergolong kecil, Nyatanya Jepang sudah pernah berlaga di kancah Piala Dunia.

Lalu berturut -turut ada Filiphina, China, dan Singapura di peringkat 11, 10, dan 9 dengan persentase sebesar 35 persen untuk Filiphina, 40 persen untuk China, dan 43 persen bagi Singapura.

Baca Juga: Sepakat, Lewat KLB Seluruh Exco PSSI Siap Mundur

Baca Juga: Ditemani Erick Thohir, Prabowo Subianto Makan Siang Bersama Pelaku Usaha Muda

Menariknya Korea Selatan yang juga pernah merasakan manisnya bermain di ajang Piala Dunia bahkan pernah memulangkan timnas Jerman lebih dahulu, hanya ada di peringkat dengan persentase sebesar 50 persen.

Indonesia sendiri ada di peringkat ketiga, tepat diatas Saudi Arabia yang mendapat persentase sebesar 65 persen dan dibawah UAE yang mendapat nilai 70 persen.

Lalu negara manakah yang ada di daftar nomor 1 dengan minat tertinggi ada sepak bola?

Baca Juga: Yasonna H Laoly Dampingi Megawati Soekarnoputri Selama Jadi Juri Jayed Award 2023 di Roma

Baca Juga: Denny JA: Tragedi Kanjuruhan Harus Ubah Tata Kelola untuk Naikkan Peringkat Sepak Bola Indonesia

Jawabannya Vietnam, ya negara dengan persentase sebesar 75 persen dari penduduknya menyukai dan memiliki minat yang besar pada sepak bola.

Namun, inilah menariknya bahwa tingkat ketertarikan masyarakat terhadap sepak bola di Asia Tenggara sangatlah besar, meskipun fakta bahwa tidak ada negara di wilayah ini secara tradisional memenuhi syarat untuk Final Piala Dunia.

Baca Juga: Jadi Juri Zayed Award 2024, Megawati Diwawancarai Radio Vatikan

Di tiga dari empat penduduk terpadat negara-negara Asia Tenggara, ada Indonesia, Vietnam dan Thailand, lebih dari 50 persen populasi di masing-masing negara dengan minat tinggi terhadap olahraga sepak bola.***

 

Berita Terkait