DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Basuki Hadimuljono: Pengelolaan Ciliwung Jadi Barometer Pemeliharaan Sungai

image
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (dua dari kanan) dalam Festival Dayung Ciliwung di Jakarta, Minggu 4 Desember 2022.

 

ORBITINDONESIA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menginginkan model pemeliharaan Ciliwung di Jakarta menjadi barometer pemeliharaan sungai lain di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Liga Inggris: Sheffield United Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi

Hal ini ditegaskan Basuki Hadimlujono dalam Festival Dayung Ciliwung di Jakarta, Minggu 4 Desember 2022.

Basuki Hadimuljono mengatakan, pemeliharaan Ciliwung bisa dicontoh oleh masyarakat yang tinggal atau di wilayahnya memiliki sungai-sungai seperti Citarum, Kali Brantas, dan lainnya.

Baca Juga: Heru Budi Hartono Tambah 10 Unit Bus TransJakarta Wanita Pink, Netizen Suka Cita

Baca Juga: Liga 1: Persib Bandung Pastikan Masuk ke Championship Series

Basuki menekankan pentingnya pemeliharaan dan kelestarian Ciliwung agar dapat diwariskan kepada anak dan cucu.

Basuki berharap partisipasi aktif dari seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga dan mempertahankan kebersihan Ciliwung, sehingga dapat mewariskan mata air tersebut untuk masa depan.

Kementerian PUPR terus mendorong masyarakat untuk turut peduli terhadap pemeliharaan dan kelestarian Ciliwung yang salah satu upayanya adalah mengampanyekan Gerakan Bersih dan Sehat Bersama Ciliwung yang dilaksanakan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR di sekitar kawasan Sungai Ciliwung, Jakarta.

Baca Juga: Megawati Sampaikan Surat Amicus Curiae atau Sahabat Pengadilan ke Mahkamah Konstitusi: Semoga MK Bukan Ketok Palu Godam

Basuki mengatakan dengan Gerakan Ciliwung Bersih ini diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat menyadari mengenai pentingnya menjaga dan mempertahankan kebersihan Sungai Ciliwung yang membentang di jantung Ibu Kota DKI Jakarta tersebut.

Baca Juga: Heru Budi Hartono Instruksikan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Perketat Konser Musik

Ia mengharapkan komitmen ini mampu mendorong tumbuhnya upaya-upaya dari seluruh kalangan masyarakat dalam mendukung pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Menikmati Libur Idulfitri Bersama Cucunya di Objek Wisata Satwa Deli Serdang

Sungai Ciliwung merupakan salah satu sungai terpenting di Pulau Jawa, terutama karena sungai tersebut melalui Ibu Kota DKI Jakarta. ***

Berita Terkait