DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Menyambut 60 Tahun Denny JA: Dari Negara Kesejahteraan, Puisi Esai Sampai Agama Milik Semua

image
Denny JA Masuk Usia 60 Tahun Hari Ini, Rabu 4 Januari 2023.

ORBITINDONESIA - Lebih dari 100 intelektual yang merespon pemikiran Denny JA di bidang politik, agama, dan sastra diterbitkan kembali.

Menyambut usia Denny JA ke-60 tahun, yang jatuh di tanggal 4 Januari 2023 berbagai komunitas di lingkaran Denny JA memilih tujuh buku yang merekam polemik pemikiran Denny JA untuk kembali dipublikasi.

Denny JA mengaku bersenang hati, 60 tahun usianya dirayakan  komunitasnya dengan publikasi dunia pemikirannya.

Baca Juga: Denny JA: Indonesia Waktunya Menyatakan Pandemi Covid 19 Sudah Selesai

Sejak menjadi aktivis mahasiswa dan penulis di tahun 1980-an, ujar Denny JA, “Saya memang selalu tersentuh dengan gagasan besar yang menentukan bulat lonjong hidup manusia di dunia politik, agama, dan sastra.”

Ketika ditanya apa yang menjadi pemikirannya di bidang politik, agama dan sastra, Denny memberi intisari.

“Di bidang politik ekonomi, saya selalu merujuk kepada negara di skandinavia. Begitu banyak cara mengukur pembangunan yang berhasil, melalui human development index atau world happiness index.

Negara di Skandinavia, seperti Norwegia, Denmark, dan Swedia selalu unggul membuat warga negaranya lebih bahagia dan hidup berkualitas.

Baca Juga: Catatan Akhir Tahun 2022 Denny JA: Waktunya Indonesia Menyatakan Pandemi Covid 19 Sudah Selesai

Itu karena mereka mengembangkan sistem negara kesejahteraan, yang mengombinasikan kemakmuran, kebebasan, dan peran pemerintah yang besar untuk menyediakan program kesejahteraan bagi rakyat luas.

Ujar Denny JA, penting bagi Indonesia menentukan arah sistem ekonomi politiknya sendiri. Ia merekomendasikan negara Indonesia dengan Pancasilanya perlu diarahkan menuju negara kesejahteraan ala Indonesia,  yang merupakan modifikasi dari negara kesejahteraan ala Skandinavia.

Di bidang agama, Denny JA dianggap membawa pendekatan baru studi agama di Indonesia melalui pendekatakan kuantitatif. Sehingga ada ukuran untuk membandingkan kehidupan agama dan kemajuan masyarakat.

Data menujukkan semakin miskin sebuah negara semakin agama dianggap penting. Semakin kaya sebuah negara semakin agama tak lagi menjadi rujukan kebijakan publik.

Baca Juga: 25 Drama Kisah Konflik Primordial di 5 Wilayah Setelah Reformasi dalam 25 Puisi Esai Denny JA

Denny JA mengkritik dua tendensi ekstrem dunia agama. Pertama, pendekatan tekstual yang menjadikan agama sejenis kontitusi ruang publik. Di sini lain, pendekatan yang sama sekali mengabaikan harta karun agama.

Menurut Denny JA, waktunya agama didekati sebagai kekayaan kultural milik bersama. Tak semua agama kita yakini tentu saja. Tapi agama yang tak kita yakini dapat diperlakukan sebagaimana layaknya kita menghayati sastra.

Kita bisa memperlakukan 4.200 agama yang kini hadir sebagai warisan kultural milik kita bersama.

Sedangkan di bidang sastra, Denny JA juga merujuk hasil riset. Bahwa mereka yang banyak membaca sastra, atau film yang sastrawi, akan lebih kuat solidaritas dan sensitivitas sosialnya.

Baca Juga: Amir Hamzah Sampai Denny JA, Inilah Sastrawan yang Beritanya Terbanyak dalam Penelusuran Google

Denny JA melihat data bahwa buku sastra, terutama buku puisi semakin tidak dibaca. Penyebabnya bukan karena publik meninggalkan puisi, tapi puisi yang meninggalkan publik.

Denny JA bersama komunitasnya mengembangkan genre baru puisi esai. Ini puisi yang ingin membawa puisi kembali ke tengah gelanggang.

Puisi esai merekam peristiwa sosial yang difiksikan. Kini komunitas puisi esai sudah meluas ke ASEAN.

Pemikiran Denny JA di bidang politik, agama dan sastra itu memperoleh respon lebih dari 100 intelektual dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Puisi Esai Karya Denny JA Menuju Film Layar Lebar

Respon itu dapat dibaca dalam tujuh buku yang linknya dapat dibuka. Tujuh buku dan jurnal itu sebagian dalam bahasa Inggris. Ini contoh beberapa link:

Bidang sastra ????

https://drive.google.com/file/d/1v_OvXzIV1scUMKqNIOyEFxo-0ErG5tXf/view?fbclid=IwAR3VYLmompWou4kfQaocnrd-mCXy4Z-aTg4cPR5pRdPe5wC-b08pg2GXZBI&mibextid=S66gvF

Bidang agama ????

https://drive.google.com/file/d/13ulnw6u1qfOG5FWdbBWZKO7B7GmKV2Hm/view?fbclid=IwAR3daRD74uZ91h7DPz2kJvQB1lfJkeoHz14jLmOlycstKFByvgNX3hQFrpM&mibextid=S66gvF

Bidang Politik ????

https://drive.google.com/file/d/1LEH2zW3GZG3v72maY0M48ttuon_-NhvQ/view?fbclid=IwAR09eKXQfPoSKs6ZIsHVdCK9h_VdRh42sV7ORG7686baBp0ZMtuHhzOWpR0&mibextid=S66gvF ***

Berita Terkait