DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

HOT! Juara Miss Universe 2022 R Bonney Gabriel Ternyata Pernah Dituding Curang di Miss USA, Begini Ceritanya

image
R Bonney Gabriel, juara Miss Universe 2022 ternyata pernah dituding curang.

ORBITINDONESIA - Perhelatan Miss Universe 2022 berakhir dengan keluarnya Miss USA 2022 R Bonney Gabriel sebagai juara.

Miss Universe 2022 tersebut digelar Ernest N. Morial Convention Center, New Orleans, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu, 14 Januari 2023 malam atau atau Minggu, 15 Januari 2023 pagi di Indonesia.

R Bonney Gabriel didapuk menjadi Miss Universe 2022 setelah berhasil menyisihkan 84 kontestan dan finalis dari berbagai negara.

Baca Juga: Kenalan Yuk Dengan Laksmi DeNeefe Suardana, Puteri Indonesia 2022 yang Wakili Indonesia di Miss Universe 2022

Sebagaimana telah disebutkan tadi, R Bonney Gabriel juga merupakan Miss USA 2022 yang mendapatkan mandat untuk mewakili Amerika Serikat (AS) untuk mengikuti ajang Miss Universe 2022.

Namun, kemenangan gemilang R Bonney Gabriel tersebut rupanya dibuntuti dengan kontroversi tentang dirinya saat mengikuti Miss USA pada Oktober tahun lalu.

Kemenangan Gabriel di dalam Miss USA 2022 diwarnai dengan isu kecurangan.

Baca Juga: Simak Profil Lengkap dan Biodata Miss Universe 2022 R Bonney Gabriel, Tanggal Lahir, Pendidikan, dan Profesi

Dilansir dari The Washington Post, pada hari-hari sejak malam terakhir kontes pada 3 Oktober 2022, kontestan menuduh organisasi Miss USA memberikan perlakuan istimewa kepada Gabriel.

Selain itu, perusahaan penyelenggara Miss USA, Miss Brands, yang dijalankan oleh Crystle Stewart, sempat ditangguhkan oleh Organisasi Miss Universe.

Miss Brands juga sempat diselidiki mengenai hasil kontes yang diduga telah dimanipulasi.

Baca Juga: SELAMAT! Miss USA R Bonney Gabriel Juara Miss Universe 2022, Ini Janjinya kepada Dunia

Dalam sebuah pernyataan, Stewart bekerja sama dalam penyelidikan tersebut. Miss Universe mengoperasikan Miss USA hingga diserahkan ke Stewart pada tahun 2020. Kini, Miss Universe kembali mengambil alih Miss USA.

"Saya ingin semua klaim dibantah dan fakta akan berbicara sendiri," kata Stewart dalam pernyataan yang diberikan oleh Miss USA.

Setelah Gabriel dinobatkan, hanya pembawa acara yang menyambutnya di atas panggung.

“Ada kurangnya dukungan dari rekan-rekan pesaingnya,” kata Bill Alverson, yang melatih tujuh kontestan yang kalah dari Gabriel malam itu, termasuk runner up pertama Miss North Carolina Morgan Romano.

Baca Juga: Kaesang, Raffi, Atta Dan Petinggi Klub BRI Liga 1 Temani Erick Thohir Maju Jadi Calon Ketua PSSI

Setelah kompetisi berakhir, salah satu kontestan Miss USA 2022 yakni, Miss Montana Heather O'Keefe memposting di TikTok bahwa kontes tersebut dicurigai.

O'Keefe menuduh Miss USA mengizinkan Gabriel mendapat keistimewaan yang tidak diberikan kepada kontestan lain seperti diizinkan keluar melewati jam malam selama minggu kontes, ditampilkan di halaman media sosial sponsor, dan perjalanan ke Meksiko.

“Gadis-gadis itu, termasuk saya, merasa tidak dihargai karena R'Bonney sangat dekat dengan anggota staf dan direktur kontes, dan mereka terang-terangan akan hal itu. Dia juga memiliki hubungan pribadi dengan juri yang menilai kompetisi kostum, dan kita dapat melihat bahwa dia secara pribadi berkomunikasi dengan sponsor nasional, yang merupakan pelanggaran kontrak," kata Miss District of Columbia Faith Maria Porter.

“Tuduhan saat ini didasarkan pada persepsi, dan bukan kebenaran. Saya tidak akan pernah mau mengikuti kompetisi yang dicurangi," kata Gabriel dalam pernyataan yang diberikan oleh Miss USA.

Baca Juga: Damar Wicaksono: Ode untuk Megawati

Sebagaimana diberitakan, R Bonney Gabriel keluar sebagai juara Miss Universe 2022.

R Bonney Gabriel didampingi oleh runner up pertama yakni Miss Venezuela Amanda Dudamel dan runner up kedua Miss Dominican Republic Andreina Martinez.

Sementara itu, wakil dari Indonesia dalam ajang Miss Universe 2022, Laksmi De Neefe Suardana gagal menembus 16 besar finalis. Hanya dua negara dari Asia yang mampu melanggeng jauh hingga 16 besar, yakni Filipina dan Laos.***

Berita Terkait