DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Catat! Ketua Umum PSSI Erick Thohir Minta Kompetisi Liga 1 Segera Bergulir 1 Juli 2023

image
Ketua Umum Erick Thohir umumkan Liga 1 2023-2024 dimulai 1 Jli 2023

ORBITINDONESIA.COM – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengumumkan bahwa kompetisi Liga 1 akan segera dimulai pada 1 Juli 2023 mendatang.

Dimulainya kompetisi Liga 1 itu disampaikan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam jumpa pers di GBK Arena, Rabu, 19 April 2023.

Baca Juga: Liga Inggris: Sheffield United Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi

Kepastian akan dimulainya kompetisi Liga 1 sendiri sudah diminta Ketua Umum PSSI, Erick Thohir kepada PT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

Baca Juga: BRI Liga 1: Redakan Perdebatan, PSSI Kucurkan Bonus Rp 2 Milyar untuk PSM Makassar

"Kita sudah bilang kalau liga (mulainya) tanggal 1 Juli, saya sudah minta (jadwal) liganya mesti pekan ini, saya sudah minta," ujar Erick Thohir.

Baca Juga: Liga 1: Persib Bandung Pastikan Masuk ke Championship Series

Namun, pri ayang jga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut mengungkapkan bahwa Liga 1 musim 2023/2024 nantinya akan menerapkan sistem berbeda.

Jalannya kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 nantinya bakal bergulir menggunakan sistem playoff untuk tim yang menempati peringkat empat teratas.

Baca Juga: Sinopsis Lengkap Drama Korea Family The Unbreakable Bond, Cerita Keluarga sekaligus Action yang Seru

Baca Juga: Megawati Sampaikan Surat Amicus Curiae atau Sahabat Pengadilan ke Mahkamah Konstitusi: Semoga MK Bukan Ketok Palu Godam

"Sistemnya yang disepakati bahwa ada di akhir musim peringkat 1-4 ada playoff dan ada juara musim dan hasil playoff," kata Erick menjelaskan.

Menurut pria kelahiran 1970 tersebut, hal itu dilakukan untuk menghindari kecurangan dan yang terpenting klub mendapatkan pendapatan lebih.

Sistem playoff bagi empat klub teratas diterapkan agar tak ada lagi praktik-praktik curang dalam sepak bola Indonesia seperti pengaturan skor.

Baca Juga: Presiden Jokowi Menikmati Libur Idulfitri Bersama Cucunya di Objek Wisata Satwa Deli Serdang

Baca Juga: Inilah Sosok Pelaku Suap Gratifikasi Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Ternyata Pendiri Relawan Anies Baswedan!

"Itu semua kita bikin bagaimana supaya pendapatan pada liga dan klub juga bisa lebih baik, tapi juga prestasi lebih baik dari awal pertandingan harus bersih karena ada poin," ujar Erick.

"Dan siapapun yg diujung peringkat pertama belum juara karena masih di adu lagi. Semua ini kita menutup match fixing," jelasnya.

Baca Juga: Todung Mulya Lubis: TPN Ganjar-Mahfud Minta Mahkamah Konstitusi Hadirkan Kapolri Dalam Sidang PHPU Pilpres

Sebelumnya, dalam acara Sarasehan Sepak Bola antara Klub Liga 1 dan Liga 2 dengan PSSI direncanakan kompetisi akan bergulir 14 Juli 2023.

Baca Juga: Dicampakkan ketika Hamil, Denise Chariesta Sebut JK Pacar dan Teman, Apa Artinya

Kamu bisa mendapatkan beragam informasi dan artikel lainnya dari OrbitIndonesia.com di Google News.

Berita Terkait