DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Drama Final Sepak Bola Sea Games 2023, dari Kartu Merah, Adu Pukul Sampai Berakhir dengan Kemenangan Telak

image
Selebrasi Irfan Jauhari di Final Sea Games 2023 timnas Indonesia vs Thailand

ORBITINDONESIA.COM - Timnas Indonesia cetak sejarah pada Selasa, 16 Mei 2023 malam. Timnas sepak bola Indonesia berhasil membawa pulang medali emas Sea Games setelah 32 tahun dengan penuh drama.

Namun bukan pertandingan final sepak bola Sea Games 2023 namanya jika tidak dilengkapi dengan drama di sepanjang pertandingan.

Drama yang terjadi di pertandingan final sepak bola Sea Games 2023, mulai dari diprank wasit hingga sempat terjadi saling dorong dan adu pukul dari kedua kesebelasan.

Baca Juga: Bursa Transfer Liga 1: Resmi, Rizky Pellu CLBK dengan PSM Makassar

Baca Juga: Jangan Biarkan Predator Seks Jadi Caleg: Kembalikan Syarat Bersih dari Kejahatan Seksual

Sejak awal pertandingan kedua tim memang sudah saling jual beli serangan, dengan Witan Sulaiman dan Marselino Ferdinand sebagai motor utama timnas Indonesia.

Strategi Indra Sjafri terbukti ampuh untuk memborbardir pertahanan tim gajah perang setelah Marselino mendapat kesempatan terbuka untuk mencetak gol, namun gagal.

Baca Juga: Ingin Berkebun Tapi Halaman Sempit, Ini Tips Budidaya Kangkung dengan Sistem Hidroponik

Gol pertama untuk Indonesia baru berhasil bersarang di gawang Thailand setelah Alfeandro Dewangga melepas lemparan jauh dan disambut sundulan tipis Ramadhan Sananta di menit ke-21.

Baca Juga: Setelah 32 Tahun, Timnas Indonesia Akhirnya Raih Medali Emas Sea Games, Jokowi Langsung Traktir Makan Durian

Thailand yang semakin bernafsu menyamakan kedudukan mendapat kesempatan di menit ke-45 namun berhasil dipatahkan oleh kiper timnas Indonesia, Ernando Ari Sutryadi.

Baca Juga: Kemenkumham DKI Gelar Diseminasi Penjaringan Calon Pemberi Bantuan Hukum, Ibnu Chuldun: Semangat Mengabdi

Indonesia seolah berhasil memastikan kemenangan setelah Ramadhan Sananta kembali berhasil menambah angka di papan skor menjadi 2-2.

Berawal dari umpan jauh di menit ke-45+5 dari Rizky Ridho sampai kepada Sananta yang dijaga ketat oleh pemain belakang Thailand namun bola berhasil diangkat ke udara dan tidak terjangkau oleh kiper Thailand.

Baca Juga: Wartawan Gadungan Peras Pedagang Kaki Lima di Jember, Akhirnya Diringkus Polisi

Baca Juga: Piala AFF U19: Kalahkan Filipina 5-1, Peluang Indonesia ke Semifinal Tetap Terbuka

Thailand berhasil menyamai kedudukan di babak kedua lewat sundulan Soponyit Rakyart yang tidak terjaga di menit ke-88.

Bencana hampir menimpa Indonesia ketika wasit pemimpin pertandingan, Ali Al-Hatmi Qasim meniup peluit karena ada pelanggaran namun dikira tim pelatih Indonesia tanda akhir pertandingan.

Pemain Indonesia juga sempat mengira pertandingan sudah usai dan medali emas sampai di tangan.

Baca Juga: Piala Dunia U20: Uruguay dan Korea Selatan Amankan Tiket Semifinal

Ketika tim pelatih Indonesia yang sudah melompat kegirangan karena mengira pertandingan sudah usai, dimanfaatkan dengan baik oleh Yutsakon Burapha dan berhasil menjebol gawang tim Garuda.

Selebrasi pemain Thailand yang melewati kursi cadangan timnas Indonesia sempat diwarnai protes dan saling dorong hingga membuat pertandingan mengambil jeda beberapa saat.

Memasuki babak tambahan Indonesia berhasil menjebol gawang Thailand lewat gerakan cerdik dari Irfan Jauhari menjadi 3-2.

Kericuhan sempat kembali terjadi saat selebrasi pemain dan tim Indonesia tidak disambut dengan baik oleh tim pelatih Thailand.

Baca Juga: Prediksi Dampak El Nino di Indonesia, Produktivitas Panen Padi Berkurang 5 Juta Ton

Bahkan manajer timnas Indonesia, Sumardji sempat mendapat pukulan dari tim pelatih Indonesia padahal niat memisahkan keributan.

Satu hal yang pantas dipuji dari pertandingan ini adalah kepemimpinan wasit Ali Al-Hatmi Qasim yang tegas memberikan hukuman dan melerai saling dorong antar kedua kesebelasan.

Alhasil Al Al-Hatmi Qasim menghadiahkan total 6 kartu merah pada pertandingan final malam kemarin.

Baca Juga: SEA Games 2023: Prediksi dan Link Streaming Indonesia Melawan Myanmar, Waktunya Raih Puncak Klasemen

Pengadil laga asal Oman itu memberikan empat kartu merah, masing-masing dua untuk ofisial Thailand, satu buat Soponwit Rakyart, dan satu untuk Komang Teguh.

Pada menit ke-102, Al-Hatmi kembali mengeluarkan kartu merah dari sakunya setelah mengganjar kartu kuning kedua untuk bek Thailand U-22, Jonathan Kemdee.

Dua menit sebelum babak tambahan kedua berakhir, Matar Ali kembali mengusir pemain Thailand U-22. Gara-gara melanggar pemain Timnas Indonesia U-22, Teerasak Poeiphimai mendapatkan kartu kuning kedua.

Baca Juga: Survei Charta Politika: Bobby Nasution Ungguli Edy Rahmayadi di Sumatra Utara

Kemudian gol keempat untuk Indonesia dicetak oleh Fajar Fathur Rahman dan gol kelima dicetak oleh Beckham Putra.

Setelah menjalani pertandingan selama 120 menit Indonesia berhasil membawa pulang medali emas sepakbola Sea Games ke tanah air.***

Dapatkan informasi menarik lainnya dari ORBITINDONESIA.COM di Google News

Berita Terkait