DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Puasa Berselang, Bentuk Diet yang Efektif dan Berkelanjutan

image
Diet Intermittent Fasting atau puasa berselang adalah efektif untuk penurun berat badan.

 

ORBITINDONESIA.COM - Diet efektif yang dapat dipertahankan dalam jangka panjang adalah puasa intermiten atau puasa berselang.

Dan tidak seperti yang dipikirkan banyak orang, puasa berselang tidak berarti kita harus membuat diri kita kelaparan – tapi justru sebaliknya!

Baca Juga: Liga Inggris: Sheffield United Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi

Puasa berselang itu hanya berarti bahwa kita harus hati-hati memilih KAPAN kita makan, daripada terobsesi dengan APA yang kita makan.

Baca Juga: Profil Lengkap dan Fakta Menarik Sungchan RIIZE, Ex Member NCT yang Kini Akan Kembali Debut Bersama Shotaro

Anda bisa makan hampir semua jenis makanan yang Anda inginkan, selama Anda makan dalam jumlah yang tepat pada waktu yang tepat.

Baca Juga: Liga 1: Persib Bandung Pastikan Masuk ke Championship Series

Setelah berpuasa lebih dari 12 jam, tubuh kita telah menghabiskan semua cadangan glukosanya dan terpaksa membakar lemak untuk mencari energi.

Saat "saklar metabolisme" pembakar lemak ini aktif, kita menurunkan berat badan dengan mudah, tanpa harus melakukan sesi olahraga yang gila-gilaan atau makan salad sepanjang hari.

Faktanya, penelitian terbaru dari Cambridge University menunjukkan bahwa tubuh kita mulai membakar lemak sekitar 25 persen lebih cepat setelah 13 jam berpuasa.

Baca Juga: Megawati Sampaikan Surat Amicus Curiae atau Sahabat Pengadilan ke Mahkamah Konstitusi: Semoga MK Bukan Ketok Palu Godam

Baca Juga: Kebun Binatang di China Sangkal Beruang Madu Mereka Merupakan Pria Berkostum, Ini Penjelasan Resminya

Studi tinjauan lain yang dilakukan oleh para peneliti dari Chicago pada tahun 2014 menyimpulkan bahwa puasa berselang dapat menyebabkan penurunan berat badan 8 persen selama 3-24 minggu – yang secara signifikan lebih tinggi daripada kebanyakan studi penurunan berat badan pada diet lainnya.

Orang-orang dalam penelitian ini juga kehilangan 4-7 persen dari lingkar pinggang mereka dalam beberapa minggu, menunjukkan seberapa cepat tubuh kita dapat meleleh selama puasa berselang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Menikmati Libur Idulfitri Bersama Cucunya di Objek Wisata Satwa Deli Serdang

Manfaat penurunan berat badan yang terbukti ini menjelaskan mengapa kita melihat begitu banyak selebritas Hollywood yang mempraktikkan dan secara terbuka mendukung puasa berselang.

Angela Fitch, MD, FACP, FOMA, Associate Director dari Massachusetts General Hospital Weight Center, mengatakan, “Setelah 12 jam berpuasa, kadar insulin dalam darah kita turun, memungkinkan tubuh kita membakar lebih banyak lemak sebagai bahan bakar.”

Baca Juga: Edukasi Gizi Seimbang: Upaya Mengurangi Konsumsi Kental Manis dan Masalah Gizi di Indonesia

Baca Juga: Todung Mulya Lubis: TPN Ganjar-Mahfud Minta Mahkamah Konstitusi Hadirkan Kapolri Dalam Sidang PHPU Pilpres

“Ini bermanfaat bagi pasien yang resisten insulin, artinya tubuh mereka menghasilkan lebih banyak insulin dari biasanya,” jelas Fitch.

“Mereka mungkin telah mencoba makan sehat dan berolahraga untuk menurunkan berat badan tanpa hasil, karena tubuh mereka diatur ke mode penyimpanan lemak,” lanjutnya.

Mark Mattson, ahli saraf di Universitas John Hopkins, yang mempelajari puasa berselang selama lebih dari 25 tahun, menyatakan, “Dibutuhkan 10 hingga 12 jam untuk menghabiskan kalori di hati sebelum terjadi pergeseran metabolisme untuk menggunakan lemak yang tersimpan.”

Baca Juga: Sidang Komite Disiplin PSSI: Persita Tangerang, Persebaya Surabaya, PSS Sleman Didenda Seratusan Juta

“Setelah makan, glukosa digunakan untuk energi dan lemak disimpan dalam jaringan lemak, tetapi selama puasa, setelah glukosa habis, lemak dipecah dan digunakan untuk energi,” tuturnya.

Baca Juga: Semua Sedang Berdansa Politik dengan Jokowi sebagai Dirigen

“Banyak hal terjadi selama puasa berselang yang dapat melindungi organ dari penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, gangguan neurodegeneratif terkait usia, bahkan penyakit radang usus dan banyak kanker,” tambah Mattson.

Baca Juga: New Year Gaza 24 B

Dr. Krista Varady, Associate Professor kinesiologi dan nutrisi di University of Illinois, Chicago, mengatakan, “Saat orang menurunkan berat badan, biasanya 75 persen adalah kehilangan lemak dan 25 persen adalah massa otot. Tetapi dengan puasa, rasionya justru berubah sehingga 90 persen dari penurunan berat badan adalah lemak dan 10 persen adalah otot.” ***

Berita Terkait