DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Chandrayaan 3 Milik India Jadi Pesawat Ruang Angkasa Pertama yang Berhasil Mendarat Dekat Kutub Selatan Bulan

image
Jadi pesawat luar angkasa yang pertama mendarat di kutub selatan Bulan, inilah Chandrayaan 3 milik India.

ORBITINDONESIA.COM – Dunia dihebohkan dengan keberhasilan pendaratan pesawat ruang angkasa Chandrayaan 3 milik India di Bulan pada hari Rabu, 23 Agustus 2023.

Pesawat ruang angkasa milik India yang dinamakan Chandrayaan 3 ini memiliki arti yaitu “pesawat bulan” dalam bahasa Sansekerta dan merupakan pesawat tak berawak.

Dengan keberhasilan Chandrayaan 3 ini, India menjadi negara pertama yang berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa di dekat kutub selatan Bulan.

Baca Juga: India Sedang Menghitung Mundur Misi Penting Pendaratan Kedua Mereka ke Bulan untuk Eksplorasi

Pendaratan pesawat ruang angkasa yang berjalan baik ini menjadi sebuah kemenangan bersejarah bagi negara berpenduduk terpadat di dunia tersebut.

Peluncuran kali ini merupakan program luar angkasanya yang ambisius dari para ilmuwan India dan disebut berbiaya rendah.

Chandrayaan 3 yang tak berawak ini berhasil mendarat pada pukul 18:04 waktu India ketika teknisi kendali misi bersorak gembira dan memeluk rekan-rekan mereka.

Baca Juga: Krisis Iklim Berhubungan Dengan Peningkatan KDRT di India, Pakistan dan Nepal

Pendaratan pesawat ruang angkasa ini terjadi beberapa hari setelah pesawat ruang angkasa milik Rusia jatuh dan menabrak di wilayah yang sama.

Pesawat ruang angkasa milik India ini juga berhasil mendarat setelah empat tahun sebelumnya upaya India gagal pada saat-saat terakhir.

Melihat keberhasilan ini, Perdana Menteri Narendra Modi pun tersenyum lebar dan mengibarkan bendera India dalam siaran langsung untuk mengumumkan keberhasilan misi tersebut.

Baca Juga: Indonesia Open 2023: Langkah Fajar/Rian Terhenti oleh Ganda India

Hal ini pun menjadikan kebanggan baru bagi negara India sebagai kemenangan yang melampaui batas negaranya.

“Pada kesempatan yang menggembirakan ini saya ingin menyampaikan pidato kepada masyarakat dunia,” kata Modi pada pertemuan puncak diplomatik BRICS di Afrika Selatan.

“Keberhasilan misi India ke bulan bukan hanya keberhasilan India saja, kesuksesan ini milik seluruh umat manusia,” tambahnya.

Baca Juga: Simak 8 Peristiwa Kecelakaan Kereta Api Paling Mematikan yang Pernah Terjadi di India, Waktu dan Jumlah Korban

Misi Chandrayaan 3 ini telah menarik perhatian publik sejak diluncurkan hampir enam minggu lalu di depan ribuan penonton yang bersorak bahagia.

Para politisi juga mengadakan ritual doa Hindu untuk mendoakan keberhasilan misi tersebut dan anak-anak sekolah mengikuti saat-saat terakhir turunnya misi tersebut dari siaran langsung di ruang kelas.

Seorang pegawai kontrak Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) juga ikut berbahagia dengan keberhasilan misi ini.

Baca Juga: Thailand Open 2023: Kalahkan Wakil India, Fikri Bagas Lolos Perempat Final

“Saya sangat bahagia, tidak ada hal lain yang memberi saya lebih banyak kebahagiaan,” kata Anil Kumar, karyawan kontrak ISRO saat diwawancarai oleh AFP.

Ia bahkan berdoa agar pesawat ruang angkasa tersebut berhasil mendarat dan sampai di Bulan dengan aman.

“Saya berdoa selama 48 jam terakhir untuk pendaratan yang aman,” lanjutnya.

Baca Juga: Turis India Berbondong Bondong Menikah di Bali, Ada Apa

Chandrayaan 3 membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai Bulan dibandingkan misi Apollo pada tahun 1960-an dan 1970-an, yang tiba dalam hitungan hari.

India menggunakan roket yang jauh lebih lemah dibandingkan yang digunakan Amerika Serikat saat itu.

Itu berarti pesawat ruang angkasa tersebut harus mengorbit Bumi beberapa kali untuk mendapatkan kecepatan sebelum memulai perjalanan selama sebulan.

Baca Juga: Sandiaga Uno Jajaki Kerja Sama Wisata Pelayaran dan Pertukaran Mahasiswa Pariwisata dengan India

Pendarat ini juga disebut Vikram, yang berarti "keberanian" dalam bahasa Sansekerta, terlepas dari modul propulsinya minggu lalu dan telah mengirimkan gambar permukaan Bulan sejak memasuki orbit bulan pada 5 Agustus lalu.

Kini setelah Vikram mendarat, penjelajah bertenaga surya akan menjelajahi permukaan dan mengirimkan data ke Bumi selama dua minggu.

India semakin mendekati pencapaian yang bisa dicapai oleh kekuatan antariksa global seperti Amerika Serikat dan Rusia.

Baca Juga: Gantikan Valentine, Pemerintah India Cetuskan Hari Memeluk Sapi, Ini Alasannya

Negara ini bahkan dapat melaksanakan banyak misinya dengan harga yang jauh lebih murah dibanding dengan Amerika dan Rusia.

Negara di Asia Selatan ini memiliki program luar angkasa dengan anggaran yang relatif rendah, namun telah berkembang pesat dalam hal ukuran dan momentum.

Perkembangan pesat ini mulai terjadi sejak negara tersebut pertama kali mengirimkan wahana antariksa untuk mengorbit Bulan pada tahun 2008 lalu.

Baca Juga: Kota Makassar dan India Jajaki Kerja Sama, di Antaranya Pariwisata dan Pendidikan

Misi terbaru ini menelan biaya sebesar 74,6 juta USD, jauh lebih rendah dibandingkan negara lain, dan merupakan bukti kehematan rekayasa ruang angkasa India.

Para ahli mengatakan India dapat menekan biaya dengan meniru dan mengadaptasi teknologi yang ada, dan berkat banyaknya insinyur berketerampilan tinggi yang memperoleh gaji lebih kecil dari gaji rekan-rekan mereka di luar negeri.

Pada tahun 2014, India menjadi negara Asia pertama yang menempatkan pesawat ke orbit di sekitar Mars dan dijadwalkan untuk meluncurkan misi berawak selama tiga hari ke orbit Bumi pada tahun depan.

Baca Juga: Kualifikasi Babak Pertama Piala Asia Wanita U20 2024 Indonesia Segrup Dengan India, Singapura dan Vietnam

Pendaratan pada hari Rabu ini telah ditunggu-tunggu oleh ISRO setelah kegagalan misi sebelumnya yang membuat frustasi pada percobaan terakhir pada tahun 2019.

Saat itu, kendali misi kehilangan kontak dengan modul bulan Chandrayaan 2 beberapa saat sebelum dijadwalkan mendarat.

Kepala ISRO S. Somanath mengatakan bahwa banyak dari mereka yang bekerja pada misi tahun 2019 terlibat dalam upaya saat ini, dan keberhasilan kali ini telah membuktikan upaya mereka selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Resmi Ngegas di India Musim Depan, MotoGP Tambah Daftar Destinasi Balapan di Asia

Mantan kepala ISRO K. Sivan juga mengatakan kepada AFP bahwa upaya India untuk menjelajahi kutub selatan bulan yang relatif belum terpetakan akan memberikan kontribusi yang sangat penting bagi pengetahuan ilmiah.

Hanya Rusia, Amerika Serikat, dan Tiongkok yang sebelumnya pernah melakukan pendaratan terkendali di Bulan.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan bahkan memuji pendaratan bersejarah tersebut kepada tim India.

Baca Juga: Kapal Militer China Berlabuh di Pelabuhan Sri Lanka, Meskipun Ada Kekhawatiran India

Sementara itu, NASA dan badan antariksa Rusia Roscosmos juga ikut memberikan ucapan selamat atas keberhasilan mereka.

Rusia juga telah meluncurkan penyelidikan Bulan pada bulan Agustus yang pertama dalam hampir setengah abad.

Jika berhasil, misi ini akan mengalahkan Chandrayaan 3 dalam hitungan hari dan menjadi misi pertama dari negara mana pun yang melakukan pendaratan terkendali di sekitar kutub selatan.

Namun sayangnya, Luna-25 jatuh pada hari Sabtu setelah insiden yang tidak ditentukan saat bersiap untuk mendarat turun.***

Berita Terkait