DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Prabowo Kalah Cepat: Bukan Hanya Makan Gratis, Ganjar Sudah Bangun SMK Gratis

image
Soesilo Bambang Yudhoyono dan Prabowo Subianto (Antara)

ORBITINDONESIA.COM- Prabowo Subianto dan para pendukungnya jualan program makan gratis. Hal ini akan dilakukan saat dia katanya jadi presiden nantinya.

Di satu sisi saya miris, tapi di sisi lain saya tertawa mendengar program Prabowo ini, yang ternyata sudah dijalankan oleh Ganjar Pranowo.

Ketika program Food Estate yang sifatnya nasional saja gagal dan tidak berhasil dibangun dan menyisakan luka bagi para pemilik lahan, Prabowo masih berani-beraninya jualan program makan gratis yang akan menghabiskan APBD dan APBN, dan anggaran dari mana bisa dia sedot, dia akan sedot.

Baca Juga: testing

Baca Juga: Diguncang Gempa, Ribuan Warga Donggala Sulawesi Tengah Mengungsi Akibat Trauma

Sebenarnya program makan gratis itu meniru programnya Amerika, di mana para anak-anak sekolah itu memang mendapatkan makan siang gratis.

Tapi program Prabowo ini tidak dibarengi dengan perhitungan yang matang dan pada ujung-ujungnya hanya menghabiskan anggaran negara saja.

Baca Juga: PM Banglades Sheikh Hasina Minta Organisasi Pengungsi IOM Cari Sumber Dana Baru untuk Warga Rohingya

Kita harus bisa membedakan antara kondisi di Amerika dan di Indonesia. Di Amerika juga banyak kelemahan, ketika ada implementasi makan siang gratis.

Saat pandemi menyerang negara-negara di dunia, orang-orang Amerika langsung merasa kewalahan karena anak-anaknya tidak sekolah dan tidak dapat makan siang gratis. Saya tidak akan membahas lebih jauh lagi karena di Indonesia keadaannya jauh lebih sulit untuk diimplementasikan makan siang gratis kalau Prabowo yang jadi presiden.

Baca Juga: Generasi 90 an Siap Bernostalgia, Film Lampir Kembali Tayang Pada Akhir Tahun 2023

Baca Juga: Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Ajak Semua Elemen Bangsa Sukseskan Pilkada Serentak 2024

Tapi kalau Ganjar yang jadi presiden, saya yakin makan siang gratis itu akan bisa dilakukan. Kenapa bisa ada keyakinan yang sangat tinggi? Karena Ganjar Pranowo sudah melaksanakannya di level Jawa Tengah.

Ganjar paham bahwa tidak mungkin semua anak diberikan makan siang gratis. Karena itu hanya akan membuat anggaran tekor dan masyarakat jadi tidak terbantu sama sekali, malahan dari segi-segi yang lainnya.

Ganjar Pranowo berhasil memberikan makan siang gratis berikut dengan perlengkapan sekolah, alat-alat praktikum, sampai seragam dan uang sekolah gratis kepada SMK-SMK, yang sudah ditunjuk untuk menjadi SMK gratis.

Baca Juga: Kuasa Hukum Irman Gusman Optimistis, Mahkamah Konstitusi Kabulkan Permohonan Pemungutan Suara Ulang

Ganjar Pranowo memiliki cara perhitungan yang begitu detail, sehingga anggaran tetap terjaga stabilitasnya dan pendidikan dan makan siang bisa berjalan dengan amat baik.

Baca Juga: Sandiaga Uno: World Islamic Entrepreneur Summit 2023 di Padang Jadi Momentum Perkuat Wirausaha Halal

Bukan hanya diberikan makan siang gratis, tapi menjamin masa depan dari masyarakat yang mengambil sekolah gratis di SMK tersebut. Seharusnya kalau mau Prabowo bisa belajar dari Ganjar Pranowo dulu.

Baca Juga: Anggota DPR RI Kamrussamad: Stabilitas Politik Usai Pemilu 2024 Membuat Ekonomi Nasional Lebih Baik

Ganjar Pranowo mengenai sekolah gratis, bukan wacana tapi sudah dilakukan. Dan makan gratis, tiga kali pula, ini ada hitung-hitungannya dan tidak bisa sembarangan diomongkan.

Bikin makan siang gratis untuk pelajar kan konyol. Jadi mereka yang mampu juga ikut dapat makan siang gratis? Ini bukan keadilan sosial tapi penyengsaraan APBN dan APBD, dan membuat Indonesia jadi luluh lantak dan gampang digoblok-goblokkan pakai nasi bungkus.

(Oleh: Manuel, seword.com)***

Berita Terkait