DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Waspada Banjir: Tinggi Muka Air di Pos Pantau Pintu Air Angke Hulu Siaga 3, Sabtu Dini Hari

image
BPBD DKI Jakarta melakukan pemantauan tinggi muka air dampak dari banjir yang terjadi di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur memasuki musim hujan akhir tahun 2023, Kamis (30/11/2023). (ANTARA/HO-BPBD DKI Jakarta)

ORBITINDONESIA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan terkait dengan kenaikan status Pintu Air Pos Angke Hulu, menjadi waspada atau siaga 3 pada Sabtu dini hari, 6 Januari 2024.

Dikutip dari laman resmi BPBD DKI Jakarta, tinggi muka air Pintu Air Pesanggrahan pada pukul 01.00 WIB berada pada posisi 190 centimeter (cm) atau berstatus Siaga 3 dengan kondisi mendung.

Kenaikan tinggi muka air tersebut terjadi sejak Jumat, 5 Januari 2024, pukul 23.00 WIB dengan tinggi 100 cm, kemudian pada pukul 00.00 WIB dengan tinggi 190 cm. Maka statusnya naik jadi waspada atau Siaga 3.

BPBD DKI juga mengimbau kepada masyarakat di sekitar wilayah Kembangan Selatan, Duri Kosambi, Kembangan Utara, Rawa Buaya, Cengkareng Timur, Kedaung Kaliangke, Kapuk, Kamal Muara, Kapuk Muara waspada.

Upaya antisipasi juga telah dilakukan BPBD DKI Jakarta, seperti penyebaran informasi melalui media sosial, melalui Sistem Peringatan Dini Bencana (DEWS) dan pemberitahuan kepada camat dan lurah.

Baca Juga: Banjir Lahar Dingin Semeru Akibatkan Sejumlah Jembatan Putus di Lumajang, Jawa Timur, Warga Mengungsi

Selain itu, dalam keadaan darurat, masyarakat diimbau untuk menghubungi pusat informasi (call center) Jakarta Siaga pada nomor 112. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait