DECEMBER 9, 2022
Humaniora

VIRAL, Brigpol Ita Sombo Allo, Polwan Cantik yang Ikut Operasi Damai Cartenz Berantas KKB di Papua, Ini Profilnya

image
Brigpol Ita Sombo Allo, Polwan berparas cantik yang ikut Operasi Damai Cartenz di Papua.

ORBITINDONESIA.COM - Viral di media sosial (medsos) sosok Poisi Wanita (Polwan) berparas cantik yang bergabung di dalam Operasi Damai Cartenz di Papua. Dia adalah Brigadir Polisi (Brigpol) Ita Sombo Allo.

Lantas, siapa Brigpol Ita Sombo Allo yang saat ini tengah menjadi sorotan masyarakat di medsos?

Dilansir dari akun Instagram @damaicartenzpapua pada Rabu, 17 Februari 2024, Brigpol Ita Sombo Allo merupakan seorang Polwan yang ditempatkan di Polda Kalimantan Timur.

Baca Juga: Waduh Mantan Polwan Yuni Utami Live TikTok Sambil Mandi, Ternyata Butuh Uang untuk Ini

Namun, saat ini dia ditugaskan Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Papua dan bergabung dalam pasukan Operasi Damai Cartenz 2024.

"Polisi wanita cantik pemberani asal Polda Kalimantan Timur yang ditugaskan BKO Polda Papua Dalam Operasi Damai Cartenz 2024. Ia adalah Brigpol Ita Sombo Allo. Saat ini Ita sudah berada di Papua dan siap untuk melaksanakan tugas dalam operasi damai cartenz 2024," tulis keterangan di akun tersebut.

Penelusuran lebih lanjut mengenai sosoknya, Brigpol Ita merupakan lulusan Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) tahun 2010.

Baca Juga: Profil Saleh al-Arouri tokoh Hamas yang dibunuh Israel di Lebanon

Dia juga merupakan anggota Brigade One Zero (BOZ), sebuah komunitas bagi Brigadir Polri yang berdiri sejak 2010.

Untuk diketahui, Operasi Damai Cartenz merupakan sebuah operasi khusus di Papua untuk menjaga stabilitas keamanan di tengah masyarakat.

Dilansir dari laman Kementerian PAN RB, operasi yang dimulai pada 2023 tersebut tahun ini diperpanjang selama satu tahun ke depan. Yakni mulai 1 Januari hingga 31 Desember 2024.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Kukuhkan Satgas Netralitas pada Pemilu 2024, Ibnu Chuldun: Tindak Tegas ASN Berpolitik

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan, operasi ini berfokus pada penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan Kelompok Kriminal Politik (KKP) di Papua.

“Operasi Damai Cartenz 2024 tetap memiliki fokus utama pada penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan Kelompok Kriminal Politik (KKP) di Papua,” kata Faizal dalam keterangan pers pada 10 Januari 2024 kemarin.

Faizal menjelaskan bahwa pendekatan yang diterapkan masih sejalan dengan pola kerja tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: PROFIL LENGKAP Karam Member ASC2NT, Tanggal Lahir, Fakta Unik, dan Perjalanan Karir

Fungsi operasi mencakup pembinaan masyarakat, deteksi, dan hubungan masyarakat, didukung oleh satuan tugas penegakan hukum.

Sasaran operasi meliputi wilayah Provinsi Papua Tengah dan Papua Pegunungan, dengan fokus pada sembilan kabupaten tertentu.

Senada, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno mengatakan bahwa operasi itu menyasar kepada KKB dan KKP.

Baca Juga: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali: Perselisihan Anggota TNI AL dan Oknum Brimob Telah Berakhir Damai

Namun, dia menambahkan tugas utama operasi saat ini selain menjaga stabilitas keamanan yakni menuntaskan kasus penyanderaan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, oleh Pimpinan KKB Nduga Egianus Kogoya.

Dia berharap perpanjangan masa operasi tahun ini dapat menuntaskan persoalan tersebut.

“Dengan perpanjangan operasi ini, diharapkan situasi keamanan di Papua dapat terus ditingkatkan, sementara upaya penegakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata dan politik dapat menciptakan Papua yang lebih aman dan Damai,” kata Bayu.

Baca Juga: Ketua MPR Bambang Soesatyo Dukung Upaya Panglima TNI untuk Tindak Tegas OPM

Ia juga memastikan Operasi Damai Cartenz menggunakan upaya hard approach yang menjunjung tinggi HAM dalam menanggulangi gangguan KKB, KKP dan jaringannya.

Selama 2023, sebanyak 19 orang KKB yang dilumpuhkan. Sebanyak 124 orang dilakukan penegakan hukum, di antaranya sebanyak 25 orang sudah tahap P-21 (berkas perkara lengkap), 34 orang tahap penyidikan dan 65 tahap penyelidikan.

Dalam operasi tersebut, Personel Satgas Damai Cartenz 2023 berhasil mengamankan 32 pucuk senjata, 1.279 butir peluru, 25 magasin, 107 alat komunikasi, 31 senjata tajam, 334 barang bukti lainnya.

Baca Juga: Objek Wisata Taman Mangrove Ruar di Biak Numfor Papua Jadi Destinasi Pilihan Libur Lebaran 2024

Satgas Damai Cartenz mengklaim telah berhasil menduduki sebanyak 47 titik markas KKB.***

Berita Terkait