DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Pencetak Gol Terbanyak Timnas Italia Gigi Riva Meninggal di Usia 79 Tahun

image
Gigi Riva. (ANTARA/HO-Cagliari)

ORBITINDONESIA.COM - Pencetak gol terbanyak untuk tim nasional (Timnas) Italia, Gigi Riva meninggal Selasa 23 Januari 2024 dini hari WIB di usia 79 tahun.

Menurut pengumuman mantan klubnya Cagliari, Gigia Riva meninggal dalam perawatan rumah sejak sepekan terakhir karena masalah jantungnya.

Ketika masih bermain sepak bola, Riva diangkat menjadi ??????legenda Cagliari setelah membela klub Italia itu selama 13 tahun (1963-1976) dan menjuarai Serie A pada musim 1969/70.

Baca Juga: Liga Italia: Dalam Debutnya, Pelatih Daniele De Rossi Bawa AS Roma Menang Melawan Verona

Riva juga pernah tiga kali menjadi top skor Liga Italia Serie A sewaktu membela Cagliari dan finis kedua dalam penghargaan Ballon d'Or pada 1969, kalah dari pemain AC Milan dan sekaligus rekan senegaranya, Gianni Rivera.

Bersama Gli Azzuri, ia mencatatkan 42 penampilan dan mencetak 35 gol yang rekornya di belum terpecahkan di timnas hingga saat ini.

Riva juga dianggap sebagai pahlawan di negaranya setelah mencetak gol di final Euro 1968 ketika mengalahkan Yugoslavia 2-0.

Baca Juga: Liga Italia: Juventus Puncaki Klasemen Sementara Usai Kalahkan Lecce

Dua tahun kemudian, Riva mencetak tiga gol di Piala Dunia 1970. Italia mampu mencapai final, tetapi harus menelan kekalahan 4-1 oleh Brazil. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait